Lama Tak Main Sepakbola, Pelatih Persib: Kami Butuh Adaptasi Lagi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 49 2370549 lama-tak-main-sepakbola-pelatih-persib-kami-butuh-adaptasi-lagi-ygDMsEVG20.jpg Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Foto: Laman Resmi Persib)

BANDUNG Persib Bandung baru saja menggelar latihan perdana di tahun ini pada Senin 1 Maret 2021. Latihan itu seperti menjadi pelepas dahaga untuk para pemain yang sudah lama tak menginjakkan kakinya di rumput stadion sepakbola.

Pandemi virus corona memang telah membuat banyak pemain yang tak bisa bermain sepakbola lagi. Namun, dengan diadakannya kompetisi pramusim seperti Piala Menpora 2021 membuat akhirnya sepakbola Tanah Air bakal berjalan kembali.

Meski mengaku senang sepakbola Indonesia kembali bergulir, namun pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku menemukan tantangan baru untuk menyiapkan timnya untuk menghadapi PIala Menpora 2021.

Baca Juga: Rindu Kompetisi, Marc Klok Bertekad Bawa Persija Juara Piala Menpora 2021

Ardi Idrus berlatih bersama Persib Bandung

“Kesan yang bagus saat semua kembali ke lapangan. Ada sebuah harapan tentang masa depan. Ini adalah langkah pertama. Kami berjalan selangkah demi selangkah," kata Robert, seperti apa yang dikutip dari laman resmi Persib, Selasa (2/3/2021).

Tantangan itu adalah membiasakan kembali para pemain Persib yang sudah cukup lama absen dari pertandingan sepakbola. Robert menyebut para pemainnya kini butuh beradaptasi lagi agar bisa menemukan permainan mereka yang dulu.

Hampir setahun absen dari pertandingan sepakbola diakui Robert sedikit mempengaruhi permainan para pemainnya. Namun, bagi Robert itu adalah hal yang sangat wajar karena para pemainnya memang sudah sangat lama tak bermain bersama.

Robert percaya masalah itu bisa diperbaiki bila para pemainnya terus dibiarkan melakukan kegiatan seperti saat sebelum pandemi Covid-19 menyerang. Robert akan memberikan waktu kepada para pemainnya untuk merasakan kembali sensasi bermain sepakbola secara bersama lagi.

“Tapi itu normal (pemain Persib yang kesulitan bermain). Mereka lama tidak bermain. Kami memberikan waktu kepada pemain untuk merasakan kembali berada di atas rumput, bermain bola, dan bersama-sama di ruang ganti. Butuh waktu untuk menyesuaikan dengan aktivitas di level tertinggi sepakbola," tambah pelatih asal Belanda itu.

Robert Rene Alberts

Piala Menpora 2021 dijadwalkan akan dimulai pada 21 Maret 2021 mendatang. Untuk menghadapi turnamen pramusim itu, Robert cukup serius melatih para pemainnya. Sebab latihan tersebut juga sebagai bentuk antisipasi Liga 1 2021, meskipun kompetisi tersebut masih belum memiliki kepastian kapan akan dimainkan.

“Kapanpun liga dimulai, kami sudah siap. Kami menjalaninya dengan santai. Karena kami belum mendapatkan informasi apapun," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini