5 Pesepakbola Asia dengan Gol Terbanyak di Liga Italia, Nomor 1 dari Asia Tenggara

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 47 2370791 5-pesepakbola-asia-dengan-gol-terbanyak-di-liga-italia-nomor-1-dari-asia-tenggara-Ud9MAQgdk2.jpg Hidetoshi Nakata (Foto: Reuters)

BERBEDA dengan kompetisi Liga Inggris dan Liga Jerman, tak banyak pemain asal Benua Asia yang pernah merumput di Liga Italia. Faktanya, hanya ada 32 pemain yang pernah merasakan merumput di kasta tertinggi sepakbola Italia.

Sisi menariknya, hal ini membuat para pemain Asia tersebut menjadi lebih mudah dikenali dan diingat. Apalagi, beberapa di antara mereka mampu mencatatkan performa yang sensasional. Berikut ini adalah lima pesepakbola Asia dengan jumlah gol terbanyak di Liga Italia.

Baca juga: 5 Pesepakbola yang Kecanduan Miras, Nomor 1 hingga Meninggal Dunia

5. Shunsuke Nakamura (Jepang)

Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura merupakan salah satu pesepakbola Asia yang telah diakui kehebatannya oleh masyarakat dunia. Nama Nakamura sangat melambung saat ia tampil membela Glasgow Celtic. Apalagi, Nakamura punya tendangan bebas yang mematikan.

Kendati demikian, sebelum bergabung dengan Celtic, Nakamura diketahui pernah merumput di Liga Italia bersama Reggina. Dari 81 pertandingan yang dijalani Nakamura di Liga Italia, ia membukukan 11 gol. Sayangnya, cedera membuat karier Nakamura terhambat di Italia.

4. Ilyas Zeytulayev (Uzbekistan)

Ilyas Zeytulaev

Ilyaz Zeytulayev merupakan pemain asal Uzbekistan pertama yang merumput di Liga Italia. Pada musim panas 2001, ia direkrut oleh Juventus untuk bergabung dengan tim muda mereka.

Sayangnya, ketika Zeytulayev sudah cukup mapan untuk bergabung dengan tim utama, ia malah tidak bisa didaftarkan karena saat itu Juventus sudah mencapai batas untuk kuota pemain non-Uni Eropa. Akhirnya, Zeytulayev dilego ke Reggina. Selama bermain di Liga Italia, ia mencetak 11 gol.

3. Takayuki Morimoto (Jepang)

Takayuki Morimoto

Saat masih remaja Takayuki Morimoto menampilkan performa yang menjanjikan di Liga Jepang, sehingga membuatnya digaet oleh Catania pada 2006. Sebab, Morimoto merupakan debutan dan pencetak gol termuda di Liga Jepang pada saat itu.

Secara keseluruhan, Morimoto telah mencetak 19 gol di ajang Liga Italia. Setelah itu, ia kembali ke Jepang dan berhasil menghidupkan kembali kariernya yang sempat meredup.

2. Hidetoshi Nakata (Jepang)

Hidetoshi Nakata

Berbicara soal Liga Italia dan Asia, nama Hidetoshi Nakata tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja. Meski pensiun di usia yang cukup muda, 29 tahun, namun Nakata sudah menjadi cukup ikonik.

Di Liga Italia sendiri Nakata membela cukup banyak klub, seperti Perugia, AS Roma, Parma, dan Bologna. Total, Nakata mencetak 24 gol selama berkiprah di Liga Italia. Nakata juga sempat menjuarai Liga Italia saat membela Roma di musim 2000-2001.

1. Mark Bresciano (Australia)

Mark Bresciano

Pemain asal Asia yang paling banyak mencetak gol di Liga Italia sejuh ini adalah Mark Bresciano. Selama 12 tahun merumput di Liga Italia, Bresciano tercatat membukukan 31 gol.

Pada awalnya, Bresciano membela Empoli di Serie B. Kemudian ia melanglang buana bersama sejumlah klub Serie A seperti Parma, Palermo, dan Lazio. Total ia tampil selama 250 kali di pentas Liga Italia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini