5 Pesepakbola yang Kecanduan Miras, Nomor 1 hingga Meninggal Dunia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 51 2370671 5-pesepakbola-yang-kecanduan-miras-nomor-1-hingga-meninggal-dunia-3lVwgbDjdZ.jpg Paul Gascoigne kini berusia 53 tahun. (Foto: REUTERS/John Sibley)

MINUMAN keras atau Miras sedang ramai diperbincangkan di Tanah Air. Hal itu ramai dibicarakan setelah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang mengatur industri minuman beralkohol dan minuman keras menuai polemik.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan sudah meminta pemerintah Indonesia mencabut Perpres investasi Miras tersebut. Akibat menenggak Miras, si pengonsumsi kerap menderita hal negatif. Sejumlah pesepakbola yang kecanduan Miras, efek buruknya mulai dari karier hancur hingga berujung maut.

Berikut 5 pesepakbola yang kecanduan miras, mengutip dari Bleacher Report:

5. Paul Gascoigne

Paul Gascoigne

Tak ada yang meragukan kualitas Gazza –sapaan akrab Gascoigne– saat mengolah si kulit bulat. Namun, di balik aksi apiknya di lapangan, Gazza diketahui sebagai penggila alkohol.

Bahkan akibat pengaruh alkohol dan obat-obatan, Gazza hampir melalukan aksi bunuh diri. Beruntung, hingga kini di usia 53 tahun, Gazza masih hidup.

4. Garrincha

Garrincha

(Garrincha (kiri) bersama Pele)

Bagi Anda pencinta Timnas Brasil dari zaman dulu, pasti tak asing dengan pesepakbola bernama Garrincha. Pria bernama lengkap Manuel Francisco dos Santos merupakan andalan Timnas Brasil saat menjuarai Piala Dunia 1958 dan 1962.

Bahkan baru-baru ini majalah France Football mengatakan, jika kala itu pemain non-Eropa berhak memenangkan trofi Ballon dOr, Garrincha layak memenangkan trofi Bola Emas edisi 1962.

Hanya saja, Garrincha ternya sudah lekat dengan hal negatif sejak remaja. Garrincha sudah kecanduan alkohol dan seks bebas di usia 14 tahun. Pada 1983 atau di usia 49 tahun, Garrincha meninggal dunia karena mengalami penyakit hati.

3. Diego Maradona

Diego Maradona

Siapa tidak kenal Maradona? Ia merupakan maestro sepakbola di dekade 1980-an. Ia membantu Argentina juara Piala Dunia 1986, plus mengantarkan Napoli juara Liga Italia, sesuatu yang gagal dilakukan Partenopei –julukan Napoli– lagi hingga kini.

Di autobiografi-nya, Diego Maradona mengaku sebagai peminum berat. Ironisnya, selain minuman-minuman beralkohol, Diego Maradona juga diketahui pernah menggunakan obat-obatan terlarang. Diego Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020 di usia 60 tahun.

2. Tony Adams

Tony Adams

Tony Adams merupakan pesepakbola legenda Arsenal. Di masa mudanya atau di kisaran usia belasan hingga dua puluhan tahun, Tony Adams dikenal sebagai penggila Miras. Akibatnya, ia kerap terlibat keributan saat berada di pusat hiburan malam.

Bahkan, Tony Adams juga pernah mendekam di penjara selama 4 bulan karena mengemudi dalam kondisi mabuk. Baru di usia 30 tahun atau pada 1996, Tony Adams memerangi alkohol dan mencoba hidup sehat.

1. George Best

George Best

George Best merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Buktinya selama 11 tahun (1963-1974) mengabdi di Manchester United, dua gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions dipersembahkan pemain asal Irlandia Utara kepada publik Old Trafford.

Bahkan berkat aksi ciamiknya saat membawa Man United juara Liga Champions 1968, mengantarkan George Best meraih trofi Ballon dOr 1968. Namun, Di balik performa impresifnya di dalam lapangan, George Best terkenal dekat dengan kehidupan malam. Minum-minuman beralkohol sering ditenggaknya.

Di masa jayanya, George Best diketahui sering main ke kelab malam dan kemudian berkenalan dengan banyak perempuan. Dalam beberapa foto yang tersebar di internet, George Best kedapatan sempat mandi bersama dengan salah satu kontestan miss world, Angela Macdonald.

Akibat sering mengonsumsi alkohol, George Best menjalani transplantasi hati pada 2002. Puncaknya pada 2005, akibat penyakit hati dan komplikasi lainnya, George Best meninggal dunia di usia 59 tahun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini