Bambang Bayu Saptaji Ungkap Pentingnya Skill, Latihan dan Mental dalam Dunia Futsal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 51 2367687 bambang-bayu-saptaji-ungkap-pentingnya-skill-latihan-dan-mental-dalam-dunia-futsal-W4vlo5tSZd.jpg Bambang Bayu Saptaji. (Foto/MNC Media)

JAKARTA - Bambang Bayu Saptaji merupakan pemain yang telah menorehkan prestasi di lapangan futsal. Pria yang akrab disapa BBS ini merupakan langganan masuk tim nasional (timnas) futsal.

Pria kelahiran Bogor, 8 September 1992 ini pun membagikan tips untuk para pemain muda futsal yang ingin meniti karir profesional di dunia futsal seperti dirinya.

Baca juga: Strategi Tim Futsal Jatim Hadapi PON 2021, Sparing dengan Tim Sepakbola 

BBS menekankan pentingnya mental, skill dan latihan. Tiga hal ini, menurutnya, yang membuat pemain bisa terus maju dan berkembang di dunia futsal.

"Siapkan mental, siapkan skill, semangat latihan mulai dari sekarang," ungkap BBS.

Foto/MNC Media

Dia menegaskan, skill harus terus diasah semenjak dini. Sementara mental sangat diperlukan jika pemain mau "naik kelas". "Di level profesional itu, mental sangat menentukan dan juga mental itu terbentuknya kan karena, ibaratnya kita pengalaman-pengalaman dari sparing, latihan," jelas dia.

Baca juga: Tips Jaga Stamina untuk Pemain Futsal Saat Bertanding

Jika latihan seorang pemain sudah bagus, dan diimbangi dengan turnamen-turnamen yang bagus, dia berpendapat hal tersebut akan secara otomatis mengasah mental.

BBS juga menyarankan kepada pemain muda untuk ikut akademi futsal. Pemain muda, menurut dia, akan berkembang di bawah asuhan akademi.

"Semangat terus, rajin berlatih, kalau belum ikut akademi bisa ikut akademi. Kan banyak tuh sekarang akademi-akademi futsal atau kompetisi yang melibatkan akademi-akademi di Indonesia ini. Dan kalian bisa ikut akademi dulu, lalu setelah itu ikut kejuaraan," jelas dia.

Kejuaraan, kata BBS, akan menjadi ajang bagi seorang pemain futsal untuk unjuk diri akan permainannya, termasuk skill secara individu maupun secara tim. Bahkan, untuk pemain futsal yang masih berstatus pelajar, sekarang ini banyak turnamen futsal antar-sekolah. Pemain muda pun bisa memanfaatkan ini untuk mengasah sekaligus unjuk gigi.

"Jadi saran saya di manapun kalian berada, bermainlah dengan 100% karena enggak tahu kan kapan dan di mana rejeki bakalan datang. Jadi semangat terus, rajin berlatih buat para pemain muda. Tunjukkan kualitas kalian, semangat terus. Jangan lupa, berdoa dan restu orang tua," pesan BBS.

Foto/MNC Media

Di sisi lain, BBS yang sudah memiliki jejak karir yang panjang di dunia futsal ini ternyata tetap produktif di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

BBS menjelaskan, ia memang lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Pasalnya, memang latihan atau aktivitas klub berkurang.

"Karena pandemi ini, liga masih belum jelas kapan mulainya, jadi ya sementara ini mengisi waktu luang dengan Latihan sendiri di rumah dan bikin-bikin konten Youtube saja biar dapat mengedukasi teman-teman futsal di daerah," jelas dia.

Soal pemasukan di masa pandemi, tampaknya BBS tidak menghadapi masalah. Dirinya masih terikat kontrak dengan Halus FC, sehingga masih menerima gaji. Selain itu, dirinya juga mendapatkan tambahan dari endorsement, yakni sponsor-sponsor di sosial media.

Di masa pandemi sekarang ini, menurut BBS yang harus dilawan adalah rasa malas dari dalam diri sendiri. Setelah itu, baru latihan-latihan ringan bisa dilakukan agar stamina tetap terjaga.

"Lalu setelah melawan rasa malas itu, kita utamakan dengan jogging dulu, setiap hari ada aktivitas, ya seperti jogging, pushup, sit up, back up, skipping dan saya juga melakukan hal tersebut setiap harinya, agar tidak menurun-menurun banget kondisi fisiknya," beber BBS.

Biasanya, kata dia, atlit melakukan latihan dengan intensitas tinggi. Permasalahannya, di masa pandemi latihan seperti itu sangat jarang bisa dilakukan.

"Kalau yang intensitas tinggi, mungkin belum bisa sekarang ini. Jadi itu saran saya, lawan rasa malas, semangat terus, jogging, sit up, backup setiap harinya," jelas dia.

Berikut ini biodata dari BBS

Nama Lengkap : Bambang Bayu Saptaji

Nama Panggilan : BBS

TTL : Bogor, 8 September 1992

Tinggi : 168 cm

Berat : 58

Agama : Islam

Instagram : bayusaptaji

Riwayat sekolah : STIE Perbanas

Karier Futsal:

Futsal Academy : Adjie Massaid Futsal Clinic Electric PLN (2011-2012)

Tifosi Bhaskara (2013)

Dalian Yuan Dynasti China (2014)

Libido FC Bandung (2015)

Vamos Mataram (2016 – 2018)

Halus FC (2018 – sekarang)

Timnas Futsal Indonesia (2011 – sekarang)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini