Strategi Tim Futsal Jatim Hadapi PON 2021, Sparing dengan Tim Sepakbola

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 51 2367029 strategi-tim-futsal-jatim-hadapi-pon-2021-sparing-dengan-tim-sepakbola-5KXKYa8Yjj.jpg Tim futsal Jawa Timur. (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat aktivitas menjadi terbatas, termasuk bagi tim futsal Jawa Timur (Jatim). Karena itu, tim harus kreatif dalam mempersiapkan diri menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Ketua AFP Jatim, Dimas Bagus Agung Kurniawan memaparkan, persiapan tim masih jalan terus. Persiapan pun dia nilai berjalan dengan sangat bagus. Dia pun memiliki strategi dalam latih tanding di musim pandemi ini.

"Beberapa kali kita sparing dengan tim sepakbola PON Jatim juga. Karena tim ini tidak boleh keluar dari Puslatda, jadi aman," kata Dimas.

Tim futsal Jawa Timur

AFP, kata Dimas, mengontrol semua keperluan tim dan melihat kondisi kesehatannya. Karena dalam masa pandemi ini, pemberlakukan aktivitas harus sangat ketat.

"(Pandemi) berpengaruh kepada lawan uji coba. Kita terbatas, kadang sama tim dan kadang sama tim sepakbola. Dan itupun baru-baru saja. Di Puslatda juga tidak terima tim uji tanding dari luar, maka saya rasa itu yang sangat berpengaruh bagi tim," ungkap dia.

BACA JUGA: Tim Futsal Maluku Utara Jaga Kekompakan dengan Game Ringan

Head coach team PON Jawa Timur, Eko Maret Purbo menjelaskan, tim futsal sekarang ini dalam kondisi baik. Walau begitu, memang ada beberapa pemain yang mengalami cedera ringan dan butuh istirahat.

BACA JUGA: Tim Futsal Kalbar Fokus Latihan Jelang PON 2021

"Persiapan khusus secara teknis masuk fase attacking individual dan semi grup," kata Eko.

Untuk itu, dalam kondisi pandemi sekarang ini, pelatih lebih dituntut kreatif dalam proses latihan. Selain itu, tidak ada ujicoba dan try out dan adanya kejenuhan tim.

"Tolok ukur proses latihan karena tidak ada ujicoba sejauh mana tim progres. Solusi mungkin game internal," jelas dia.

Pemain Tim PON Jawa Timur, Viki Irawan  menuturkan, ia  dan rekan-rekannya dalam kondisi yang baik. Dia juga sedang mempersiapkan kondisi dan mental bertanding sampai PON di Papua 2021.

"Penyesuaian latihan jelas ada. Contohnya kembali adaptasi soal fisik dikarenakan selama bulan Maret sampai Oktober itu latihan via zoom tapi setelah itu sampai sekarang sudah ada TC terpusat," kata Viki.

Tim futsal Jatim kembali back to back lolos ke Putaran Group PON XX Papua. Pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016, tim ini berhasil meraih medali Perunggu setelah mengalah DKI Jakarta dengan Skor 6-1.

Tim futsal Jatim mengawali kiprahnya di PON XX Papua dengan bergabung di Group D pada Babak Kualifikasi PON XX bersama team DKI Jakarta, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Dan tim Jatim berhasil menjadi juara Group dengan mengemas tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Berikut ini adalah susunan tim futsal Jatim:

Head Coach: Eko Maret Purbo

Assistant Coach: Anies Septyawan, Agus Himawan, dan Hendy Romadhon

Manager Team: (Belum ditunjuk)

Venue latihan: GOR Universitas Negeri Surabaya

Prestasi Team : PON XIX Jawa barat (3rd Place / Medali Perunggu)

Daftar pemain sementara yang mengikuti training center:

Rizky Prima

Burhan Azfar

Akmal Trijayanto

Yuniar Imanto

Muzaky Fikri

Singgih Ramona

Vicky Irawan

Agung Ma’arif

Albert Sadewa

Adriano Athalla  Tomassi

Januardi

Andika Agraprana

Zidan Syamslan

Rio Pradeka

Faisal Ammar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini