Tim Futsal Maluku Utara Jaga Kekompakan dengan Game Ringan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 51 2364415 tim-futsal-maluku-utara-jaga-kekompakan-dengan-game-ringan-Zs1Ahx7I2s.jpg Tim Futsal PON Maluku Utara (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Masa pandemi Covid-19 bukan hal mudah, termasuk bagi Tim PON Futsal Maluku Utara (Malut). Perubahan ritme latihan pun harus dilakukan oleh tim karena desakan virus ini.

"Selama pandemi, tim bahkan bisa dibilang tidak melakukan latihan rutin karena situasi daerah yang termasuk zona merah penyebaran Covid-19. Hanya beberapa kali dilakukan game-game ringan untuk menjaga kekompakan dan fisik pemain," kata Manager Tim PON Futsal Maluku Utara Firman Jayadilaga.

Dalam PON Papua yang bakal dihelat pada Oktober 2021, dia berpendapat lawan terberatnya adalah tim tuan rumah Papua yang diperkuat beberapa pemain timnas dan juara bertahan Jawa Barat.

Pada Babak Kualifikasi PON XX Papua yang di selenggarakan di GOR ITB Jatinangor, tergabung di Grup H bersama Papua Barat, Maluku, serta Sulawesi Utara, Maluku Utara kembali meraih tiket ke Papua dengan raihan 7 poin berkat 2 Kemenangan dan 1 hasil Seri.

Baca Juga: Persiapan Terhambat Covid-19, Tim Futsal Papua Tetap Incar Emas di PON 2021

"Melihat kekuatan tim lain pada Pra-PON kemarin, Malut optimistis bisa mempertahankan Medali Perak yang di raih sebelumnya atau minimal masuk empat besar, tentunya dengan kerja keras dan upaya maksimal," lanjut dia.

Untuk program training center selama periode Maret–Juni 2021, pihaknya akan fokus di Ternate, sambil melihat perkembangan kondisi situasi pandemi. Tetapi, training center selanjutnya direncanakan dilanjutkan ke Jakarta sambil melatih uji tanding dengan beberapa klub pro yang ada di Jakarta.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Maluku Utara, Aldhy Ali menambahkan, tim masih melaksanakan latihan mandiri di daerah, direncanakan setelah Lebaran akan melaksanakan training center di Bandung dan Yogyakarta.

"Selain itu, waktu latihan yang biasa dilaksanakan tiap sore sekarang dirubah menjadi seminggu hanya tiga atau empat kali latihan. Kendala yang dihadapai saat ini adalah kurang maksimalnya persiapan di karenakan adanya pembatasan sosial," beber Aldhy.

Selain itu, untuk persiapan PON, pihaknya menginginkan peningkatan dari hasil yang diraih dalam Pra-PON. Alhasil, akan ada perubahan, mulai komposisi pelatih sampai ke pemain.

Untuk pelatih, dia menjelaskan, pihaknya belum mengambil keputusan apakah akan memakai jasa pelatih nasional atau pelatih lokal Coach Wandi Djohar yang berhasil dalam Pra-PON kemarin. Kalau pun diputuskan menggunakan pelatih nasional maka Muhammad Triyoga ex Pelatih PON Malut 2016 yang sukses mengantar Malut menembus final PON 2016 tampaknya yang menjadi prioritas.

Kemudian, Firman menjelaskan, untuk pemain akan diseleksi kembali untuk mengisi kekurangan-kekurangan yang ada.

Pemain Tim PON Maluku Utara M Dody Alfaer Ch Drakel mengungkapkan, walau pandemi, ia masih bisa beraktivitas, tentu dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Serius Berlatih di Tengah Pandemi, Tim Futsal 4 Provinsi Mengaku Siap 100% untuk Berlaga di PON Papua

"Untuk kesiapan tim kami sering berkumpul satu kali dalam seminggu untuk melakukan uji coba atau latihan ringan. Untuk persiapan training center, insya Allah akan diadakan akhir Februari ini di Ternate, Maluku Utara," kata dia.

Untuk penyesuaian selama pandemi, dia menjelaskan, masih belum dilakukan latihan sama-sama. Pemain disarankan oleh tim pelatih untuk melakukan latihan mandiri di rumah masing-masing agar kondisi fisik tetap terjaga pada saat dikumpulkan.

"Target pribadi saya adalah semoga kami bisa menyamai prestasi senior kami terdahulu saat menjadi runner-up PON XIX 2016, Bahkan kalau bisa lebih lagi," beber dia.

Berikut ini adalah susunan pelatih dan tim futsal Maluku Utara:

Head Coach : Muhammad Wandi Johar

Assistant Coach : Abdul Rahman A. B.

Kitman : M. Taksir Hatala

Manager Team : Firman Jayadilaga

Venue Latihan : Djatimaica Futsal Ternate

Prestasi Team : Runner Up PON XIX Jawa Barat – GOR ITB Jatinangor

Susunan Pemain (Sementara):

1. Rizki M. Ali (Gk)

2. Aditya Pramana Putra (Gk)

3. Riki Togubu (Anchor)

4. M. Rizal Hi. Muhammad (Anchor)

5. Rifaldo Rusli (Anchor)

6. Ariawan Bailusi (Anchor)

7. Sultan Rafly Alpachino Ruray (Flank)

8. M. Dody Alfaer Ch. Drakel (Flank)

9. Adam Salamuddin (Flank)

10. Salim Sabili Rusdy (Flank)

11. M. Jedrio Sandrian (Pivot)

12. Reza Rifaldi Mahajani (Pivot)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini