Sejarah Peraturan Pergantian Pemain Sepakbola, Pertama Kali Dilakukan di Inggris

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 51 2367044 sejarah-peraturan-pergantian-pemain-sepakbola-pertama-kali-dilakukan-di-inggris-mHV6Zdux0r.jpg Pergantian pemain dikenal dalam olahraga sepakbola pada era 1950-an (Foto: La Liga)

PERATURAN pergantian pemain sepakbola jadi salah satu bagian dalam olahraga tersebut. Saat ini, umumnya pergantian pemain dalam satu pertandingan sepakbola hanya boleh dilakukan sebanyak tiga kali.

Namun, tahukan Anda, pada awalnya olahraga ini tak mengenal pergantian pemain? Seiring berjalannya waktu peraturan pertandingan pun mengalami penyempurnaan termasuk ditambahkannya peraturan untuk pergantian pemain.

 

Bahkan pada 1950-an sistem pergantian pemain belum diberlakukan. Karena itu, pada tahun tersebut para pemain akan bermain penuh selama 90 menit.

Tidak peduli kondisi fisik pemain atau tengah cedera, tetap tidak ada pergantian pemain. Kondisi tersebut pula yang membuat nomor punggung hanya meliputi angka 1 hingga 11 saja.

Baca juga: 6 Perlengkapan Pemain Sepakbola yang Wajib Dimiliki

Dilansir dari laman Pandit Football, Selasa (23/2/2021), Sepakbola Inggris memberlakukan peraturan pergantian pemain pertama kali pada musim 1965-1966, hanya saja diperbolehkan satu kali jika ada pemain yang cedera.

Pada 21 Agustus 1965, pergantian pemain pertama kali dilakukan dalam sejarah liga sepakbola dalam laga pembuka divisi dua antara Bolton vs Charlton Athletic. Laga baru berjalan 11 menit kiper Charlton, Mike Rose, mengalami cedera sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Setelah itu, empat tahun kemudian aturan pergantian pemain mulai diadopsi sejumlah liga di dunia. Para pemain bisa digantikan dengan seseorang yang ada di bangku cadangan, dengan alasan pemain tersebut menderita cedera.

Sejumlah peraturan terus mendapat perubahan hingga pada 1987 peraturan pergantian pemain menjadi dua kali di Inggris. Kemudian pada 1990-an, tim boleh membawa tiga pemain cadangan, tetapi hanya dua saja yang boleh dimainkan.

 

Lalu pada musim 1994-1995, setiap tim diperbolehkan melakukan tiga kali pergantian pemain. Saat ini, sepakbola kembali melakukan beberapa perubahan peraturan di tengah pandemi Covid-19 yang tengah terjadi

Situasi dan kondisi yang terjadi memaksa sejumlah kompetisi melakukan perubahan aturan. Salah satunya yang terjadi pada beberapa kompetisi seperti Liga Champions yang menambah jumlah pergantian pemain menjadi lima kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini