Ungguli Guardiola hingga Sir Alex Ferguson, Mourinho Jadi Pelatih Terbaik Abad ke-21

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 51 2366984 ungguli-guardiola-hingga-sir-alex-ferguson-mourinho-jadi-pelatih-terbaik-abad-ke-21-tuG9vMw515.jpg Jose Mourinho (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, telah dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia abad 21. Pengukuhan gelar tersebut dilakukan oleh Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola (IFFHS).

IFFHS sendiri adalah organisasi yang setiap tahun memutuskan siapakah sosok pelatih klub terbaik di dunia dan pelatih tim nasional terbaik di dunia. Berdasarkan data dan statistik, IFFHS kemudian menyimpulkan bahwa Mourinho adalah pelatih terbaik teratas pada abad 2021.

Baca juga Jose Mourinho Tak Pernah Ragukan Kualitas Gareth Bale

Statistik tersebut telah diperhitungkan sejak 2001. Mourinho menjadi yang terdepan dengan mengoleksi poin tertinggi yakni 226 poin. Hasil ini cukup mengejutkan karena ia mengungguli jajaran pelatih ternama.

Jose Mourinho

Pelatih Timnas Jerman yakni Joachim Low pun berada satu tingkat di bawah Mourinho dengan urutan kedua (213 poin). Sementara legenda dan mantan pelatih Manchester United yakni Sir Alex Ferguson berada di posisi ketiga (183 poin).

Baca juga Metode Melatih Mourinho Tak Ada Duanya meski Tottenham Kalah dari West Ham

Posisi keempat ada nama pelatih Manchester yakni Josep ‘Pep’ Guardiola, ia sebenarnya menduduki urutan ketiga karena memiliki poin sama dengan Ferguson. Sedangkan untuk melengkapi posisi lima besar ada nama mantan pelaith Arsenal yakni Arsene Wenger (181 poin).

Hasil ini tentu bisa saja membuat Mourinho merasa jemawa. Sebab, sebelum pengumuman hasil ini, Mourinho juga mengklaim dirinya sebagai pelatih terbaik di dunia.

Bahkan kata-kata tersebut ia ciptakan saat Tottenham menelan kekalahan dari West Ham United pada akhir pekan lalu. Usai laga tersebut ia meyakini bahwa metode kepelatihannya tidak ada duanya di dunia ini.

“Saya sama sekali tidak (meragukan metode kepelatihan saya). Terkadang hasil adalah konsekuensi dari berbagai situasi dalam sepakbola,” ucap Mourinho, mengutip dari The Sun, Selasa (23/2/2021).

Jose Mourinho

“Metode saya, dan metode staf kepelatihan saya, tidak ada duanya di dunia ini,” sambung pelatih berpaspor Portugal tersebut.

Sayangnya kiprah Tottenham sendiri sedikit menurun. Setelah mengawali musim dengan duduk manis di puncak klasemen Liga Inggris, kini mereka malah sedang berjuang untuk mendapatkan tempat di Liga Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini