5 Pelatih Aktif dengan Masa Bakti Terlama Bersama Satu Klub

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 51 2366826 5-pelatih-aktif-dengan-masa-bakti-terlama-bersama-satu-klub-akgyH5Wzzk.JPG Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (Foto: Reuters)

DI era sepakbola modern seperti sekarang ini, jarang sekali pelatih bisa cukup lama berada di dalam satu klub. Kebanyakan kasus sekarang ini pelatih akan dipecat atau bakal digantikan ketika baru saja beberapa tahun menangani klub tersebut.

Sudah sangat jarang pelatih bertahan di satu klub yang sama selama empat tahun lebih. Ambil contoh Frank Lampard yang dipecat Chelsea ketika baru menangani The Blues selama satu setengah tahun saja (Juli 2019-Januari 2021). Lampard dipecat karena gagal memberikan hasil baik.

Bila mengingat beberapa tahun yang lalu, sebenarnya hal tersebut, yakni gonta-ganti pelatih sangat jarang terjadi di sepakbola. Dahulu kala pelatih atau manajer memiliki pengaruh yang amat besar terhadap tim sehingga dapat membangun dinasti. Seperti halnya Sir Alex Ferguson di Manchester United dan Arsene Wenger bersama Arsenal.

Meski sudah jarang pelatih bisa bertahan dengan satu klub lebih dari empat tahun, namun pada kenyataannya pada saat ini masih ada tim yang mempertahankan manajernya dengan waktu yang cukup lama, siapa saja mereka?

Berikut Lima Pelatih Aktif dengan Masa Bakti Terlama Bersama Satu Klub, Mengutip dari Sportskeeda:

5. Jose Luis Mendilibar (Eibar, Juni 2015-sekarang)

Jose Luis Mendilibar

Mendilibar adalah salah satu pelatih di era sepakbola modern sekarang ini yang dapat bertahan di satu klub dengan waktu yang sangat lama. Ia sudah menangani Eibar sejak Juni 2015 silam hingga sekarang ini. Jadi, kurang lebih pelatih asal Spanyol itu sudah melatih Eibar selama kurang lebih 5 tahun+7 bulan.

Mendilibar ditahan Eibar karena nyatanya pelatih berusia 59 tahun itu berhasil membawa perubahan di klub tersebut. Sejak ditangani Mendilibar, Eibar mampu mengakhiri kompetisi Liga Spanyol di posisi kesembilan, suatu pencapaian terbaik untuk klub tersebut.

Mendilibar juga sukses membaw Eibar pernah mencapai babak perempatfinal Copa del Rey 2016-2017, lagi-lagi pencapaian tertinggi untuk klub tersebut di kompetisi itu. Kini Mendilibar sudah memimpin Eibar di 230 pertandingan lebih dengan rasio kemenangan tercatat 31,76%.

4. Sean Dyche (Burnley, Oktober 2012-sekarang)

Sean Dyche

Liga Inggris terkenal akan keganasannya kepada seorang pelatih. Sebab sangat jarang klub yang mampu setia kepada satu pelatih bila saja sang juru taktik tersebut gagal memenuhi ekspetasi yang diminta oleh pihak klub.

Akan tetapi, nyatanya Sean Dyche mampu membuktikan ternyata Liga Inggris masih memiliki klub yang setia untuk mempertahankan pelatih mereka. Sebab Dyche tercatat sudah melatih Burnley sejak Oktober 2012 sampai sekarang ini, yang berarti Dyche sudah bertahan lebih dari 8 tahun+3 bulan.

3. Christian Streich (Freiburg, 29 Desember 2011-sekarang)

Christian Streich

Christian Streich adalah salah satu pemain terhebat dalam sejarah Freiburg. Dia memainkan jalannya ke dalam sejarah klub selama enam tahun karirnya bersama tim.

Setelah pensiun, ia menjadi asisten manajer Marcos Song di Freiburg tetapi dipromosikan ke peran pelatih utama pada Desember 2011. Sejak 29 Desember 2011 itu, Streich terus bertahan di Freiburg, yang berarti ia sudah berada di klub tersebut selama 9 tahun+1 bulan.

Sejak itu, ia menikmati beberapa pasang surut bersama tim. Klub ini mengamankan kualifikasi Eropa serta penampilan semifinal rekor klub di DFB Pokal.

Freiburg, bagaimanapun, terdegradasi pada akhir musim 2015-2016 sebelum mendapatkan promosi instan dengan memenangkan Bundesliga 2.

Streich adalah salah satu manajer yang paling dikagumi di lingkungan sepak bola Jerman, karena kepribadiannya yang energik dan taktik yang inovatif.

2. Diego Simeone (Atletico Madrid, 21 Desember 2011-sekarang)

Diego Simeone

Simeone adalah salah satu orang yang mampu memberikan dampak yang besar bagi Atletico, baik itu saat masih menjadi pemain dan ketika sudah menjadi pelatih seperti sekarang ini. Dia adalah salah satu bagian dari pesepakbola hebat yang mampu tampil sukses sebagai pemain dan pelatih di klub yang sama.

Simeon tercatat sudah melatih Atletico sedari 21 Desember 2011 dan berhasil mempertahankan pekerjaannya tersebut sampai sekarang ini. Ia sukses menghentikan puasa gelar Atletico di Liga Spanyol pada musim 2013-2014 silam usai kemarau panjang selama 12 tahun lamanya.

1. Stephane Moulin (Angers, Juni 2011-sekarang)

Stephane Moulin

Stephane Moulin memiliki sejarah mantra manajerial yang panjang. Dia menghabiskan delapan tahun bertanggung jawab atas Ch√Ętellerault dan enam tahun bersama Angers B, sebelum pada akhirnya ia dipromosikan ke peran pelatih tim senior pada musim panas 2011.

Moulin telah mewakili klub selama enam tahun sebagai seorang pemain dan sejak itu melampaui warisan bermainnya dengan sebagai pelatih di klub tersebut.

Pria berusia 53 tahun ini saat ini memiliki rasio kemenangan 37,5% dari 400 pertandingan yang dia catatkan saat menangani Angers.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini