Begini Beda Bola Futsal dan Bola Sepak

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 46 2365458 begini-beda-bola-futsal-dan-bola-sepak-HLlex3aAw5.jpg Ilustrasi Futsal (Foto: MNC Media)

BANYAK pastinya di antara Anda yang sering bermain futsal, mengingat tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga permainan berkelompok ini juga bisa digunakan untuk menguji kekompakan antar teman. Olahraga semacam futsal, yang merupakan cabang dari olahraga sepakbola, sering menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu di hari-hari penting tertentu.

Futsal, yang telah menjelma menjadi olahraga sejuta lelaki di tanah air, menarik dan berkembang pesat karena tidak memerlukan perlengkapan yang kompleks. Salah satu faktor pesatnya perkembangan futsal adalah arena pertandingan berjenis indoor yang berbeda dengan arena pertandingan sepakbola. Faktor ini menjadikan futsal lebih fleksibel untuk dimainkan dalam kondisi apapun.

Selain arena pertandingan, bola futsal juga memiliki karakter yang berbeda dengan bola sepak. Bola futsal memiliki ukuran dan berat yang lebih kecil dianggap lebih cocok dengan postur lelaki Indonesia secara umum.

Futsal

Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karmadi menjelaskan, karakter permainan futsal lebih cepat daripada sepakbola. Kondisi tersebut juga dipengaruhi faktor lapangan futsal yang berbeda dengan lapangan sepakbola. Itulah sebabnya karakter bola futsal didesain khusus untuk menyesuaikan ritme permainan.

Baca Juga: 4 Posisi Pemain Futsal, Ini Fungsi dan Kriterianya!

"Bola sepak harus didesain lebih ringan untuk mengurangi hambatan kontur rumput sehingga bisa memantul lebih tinggi, sedangkan bola pada futsal ditambah pemberat agar pantulan yg ditimbulkan dari interaksi dengan media lapangan Futsal (Flooring, Vynil) dapat terjaga, sehingga dapat dengan mudah dikuasai pemain."

Coach Sayan menambahkan, ukuran bola futsal yang lebih kecil bertujuan agar dapat dikuasai dengan mudah oleh pemain dan membuat tempo permainan futsal itu sendiri menjadi lebih cepat.

Futsal mania, berikut adalah persyaratan teknis bola futsal sesuai ketentuan internasional:

1. Bahan, dari segi bahan pelapis luarnya, untuk bola yang dipakai bermain sepak bola selalu dilapisi dengan karet, sebagian di antaranya ditambah dengan bahan sintetis atau buatan pabrik, tentunya dengan kualitas yang baik sehingga memiliki ketahanan yang bagus terhadap tendangan. Sedangkan bola futsal berbahan kulit.

2. Diameter, ukuran dari bola untuk bermain futsal lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola, di antaranya adalah memiliki diameter antara 62 sampai dengan 64 cm, sedangkan untuk bola sepak ukurannya antara 68 sampai dengan 72 cm.

Berat bola, karena memiliki ukuran diameter yang berbeda, maka jika melihat dari segi bobot keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup jelas, bobot bola sepak lebih berat jika dibandingkan dengan bola untuk olahraga futsal.

3. Pantulan bola, dengan melakukan uji pantulan antara bola sepak dengan bola untuk futsal dari ketinggian 1 meter, maka bola untuk futsal memiliki daya pantul yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bola sepak biasa.

Nah, ingatlah spesifikasi bola futsal seperti yang sudah disebutkan di atas ya. Jangan sampai salah pilih bola dan selamat bertanding.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini