5 Klub Paling Tua di Liga Inggris, Liverpool dan Chelsea Tak Masuk Daftar

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 45 2364109 5-klub-paling-tua-liga-inggris-liverpool-dan-chelsea-tak-masuk-daftar-6bZIwSGM89.jpg Para pemain Manchester United. (Foto: Instagram/@manchesterunited)

SEJARAH panjang telah diukir oleh sejumlah klub sepakbola di Liga Inggris. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berdiri hingga ratusan tahun lamanya.

Beberapa klub tertua ini pun masih bisa menjaga eksistensinya di pentas Liga Inggris dengan bertarung memperebutkan gelar juara. Penasaran siapa saja klub tertua di Liga Inggris? Berikut lima klub paling tua di Liga Inggris.

5. West Bromwich Albion

Di urutan kelima, ada nama West Bromwich Albion atau yang kerap disingkat WBA. West Bromwich Albion sudah berusia sangat panjang karena didirikan pada 1878. Dengan begitu, tahun ini klub tersebut memasuki usia 143 tahun!

West Bromwich Albion

Klub ini menjadi salah satu dari 12 anggota pendiri Liga Sepakbola pada 1888. Pada tahun tersebut, West Bromwich Albion pun memenangkan Piala FA untuk pertama kalinya. Mereka juga salah satu anggota pendiri Liga Inggris pada 1992.

WBA telah menghabiskan 81 dari 132 musim di tingkat teratas sepakbola Inggris. Penampilan West Bromwich Albion di Liga Inggris sendiri terbilang berfluktuasi karena beberapa kali harus terdegradasi, tetapi akhirnya mereka bisa promosi kembali ke Liga Inggris.

4. Manchester United

Selanjutnya, ada Manchester United. Tim Inggris paling berprestasi ini juga salah satu yang tertua di Liga Inggris. Man United didirikan pada 1878 dengan nama Newton Heath LYR Football Club. Kemudian pada 1902, klub ini berganti nama menjadi Manchester United.

Manchester United

Man United selanjutnya mulai pindah ke stadion mereka sendiri yang diberi nama Old Trafford sejak 1910. Kiprah klub berjuluk Setan Merah ini di pentas Liga Inggris tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Berkat aksi gemilang para pemainnya, Man United dikenal di seluruh dunia, terlebih saat berada di bawah naungan Sir Alex Ferguson.

Klub ini pun sudah menyabet beragam kesuksesan. Man United ini juga memiliki banyak pemain hebat sepanjang sejarahnya, termasuk Cristiano Ronaldo, Eric Cantona, hingga Sir Bobby Charlton.

3. Everton

Di urutan ketiga, ada Everton. Satu-satunya klub asal Liverpool dalam daftar tim tertua Liga Inggris adalah Everton. Klub ini didirikan 143 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1878.

Everton

Awalnya, Everton bernama St Domingo FC. Kemudian, nama klub ini diganti menjadi Everton FC. Everton telah bermain di markas mereka saat ini, yakni Goodison Park, sejak 1892.

2. Wolverhampton Wanderers

Kemudian, ada nama Wolverhampton Wanderers. Meski menjadi salah satu klub tertua di Liga Inggris, mereka tak menghabiskan banyak waktu dalam kompetisi tersebut sejak dimulai pada 1992.

Wolverhampton Wanderers

Wolverhampton sendiri didirikan pada 1877 dengan nama awal St Luke's FC. Tetapi kemudian, klub berganti nama menjadi Wolverhampton Wanderers atau biasa disebut dengan Wolves.

Wolverhampton telah bermain di Stadion Molineux sejak 1889 dan telah memenangkan beberapa trofi besar sejak itu. Era klub paling sukses adalah saat berada di bawah manajemen Stan Cullis. Mereka menyelesaikan dekade ini dengan sejumlah gelar juara.

1. Aston Villa

Terakhir, ada nama Aston Villa. Aston Villa adalah klub sepakbola tertua di Liga Inggris. Klub tersebut didirikan di Distrik Aston, Kota Birmanham, pada 1874. Aston Villa segera menjadi salah satu klub terbaik di Midlands of England dan pada 1887 dan memenangkan trofi Piala FA pertama mereka.

Aston Villa

Setahun kemudian, mereka menjadi salah satu anggota pendiri Football League. Sejak 1897, Aston Villa telah bermain di kandang sendiri, Villa Park. Aston Villa memiliki banyak pemain hebat sepanjang sejarahnya, seperti Charlie Aitken hingga Billy Walker yang bisa mencetak 244 gol dalam 531 penampilan.

Sebagai tim tertua di Liga Inggris, pencapaian terbaik Aston Villa terjadi pada musim pertama kompetisi, yakni 1992-1993. Kala itu, mereka finis kedua di belakang Manchester United.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini