Koeman Beri Pembelaannya untuk Umtiti

Reynaldi Hermawan, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 46 2360705 koeman-beri-pembelaannya-untuk-umtiti-z9L0bWnfu9.jpg Samuel Umtiti (Foto: Instagram @samumtiti)

SEVILLA – Barcelona tumbang dengan skor 0-2 dari Sevilla pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (11/2/2021) dini hari WIB. Samuel Umtiti pun dinilai sebagai biang keladi dari kekalahan Blaugrana tersebut. Meski begitu, Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memberi pembelaan.

Gol pertama Sevilla dicetak Jules Kounde pada menit ke-25. Kounde berhasil menyarangkan bola usai berhasil melewati Umtiti dengan mudah.

Kemudian torehan kedua dibukukan Ivan Rakitic lima menit jelang waktu normal usai. Umtiti lagi dan lagi bikin kesalahan.

Baca juga: 5 Pesepakbola Mahal yang Gagal Bersinar Bersama Barcelona

Awalnya bek Prancis itu ingin menjebak Rakitic dengan perangkap offside. Namun usahanya gagal. Rakitic malah berdiri bebas dan leluasa menjebol gawang Barcelona .

Sevilla vs Barcelona

Nama Umtiti langsung menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Koeman juga jadi sorotan mengapa menduetkan Umtiti dengan Oscar Mingueza di jantung pertahanan. Padahal Clement Lenglet sedang fit dan siap bermain.

Baca juga: Manchester City Prioritaskan Lionel Messi, Kevin De Bruyne Kesal

"Itu adalah keputusan saya memainkan Umtiti dan Mingueza. Sebab ada banyak pertandingan di depan kami. Sementara kami tidak punya banyak pemain di lini belakang. Anda harus memanfaatkan semua pemain yang tersedia," kata Koeman dikutip dari Marca.

"Kami meninggalkan banyak ruang saat proses gol pertama. Tidak hanya di pertahanan, tapi juga di tengah lapangan. Dan di gol kedua kami tidak pandai mengatur jebakan offside," ujarnya.

Juru taktik asal Belanda itu kemudian mengapresiasi kinerja Umtiti. Bagi Koeman kesalahan yang dilakukan seorang pemain di satu pertandingan adalah hal biasa.

Samuel Umtiti

"Umtiti bagus dalam permainan. Dia membuat kesalahan, seperti orang lain. Itu bagian dari sepakbola. Tidak adil menyalahkannya. Kami semua kalah. Kami semua menang," tuturnya.

Kini Barcelona harus kerja keras jika ingin lolos ke final Copa del Rey. Lionel Messi dan kolega setidaknya harus menang 3-0 atas Sevilla pada leg kedua di Camp Nou, 4 Maret mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini