Ini Dia Alasan Bek FC Twente Jayden Oosterwolde Tolak Panggilan Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 51 2359585 ini-dia-alasan-bek-fc-twente-jayden-oosterwolde-tolak-panggilan-timnas-indonesia-rIrBuUEcNH.jpg Jayden Ooster Wolde (kiri) saat bela FC Twente. (Foto: Instagram/@jayden_oosterwolde)

ENSCHEDE – Fullback kiri FC Twente, Jayden Oosterwolde, mengungkapkan alasan kenapa menolak panggilan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Pesepakbola berusia 19 tahun itu mengatakan, ia masih berharap membela Timnas Belanda, sehingga Indonesia dan Suriname yang merupakan dua negara leluhurnya belum dijadikan prioritasnya saat ini.

Jayden Oosterwolde sempat masuk radar tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Shin Tae-yong. Pelatih berpaspor Korea Selatan itu tertarik memanggil Jayden Oosterwolde untuk diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021 (turnamen akhirnya dibatalkan karena pandemi Covid-19).

Jayden

(Jayden Oosterwolde saat membela FC Twente)

Dasar ketertarikan Shin Tae-yong adalah performa impresif Jayden Oosterwolde bersama FC Twente. Baru berusia 19 tahun, ia mampu menembus skuad utama FC Twente yang tampil di kasta teratas Liga Belanda.

Tak hanya kukuh dalam bertahan, pemain bertinggi badan 189 sentimeter ini juga andal dalam membantu penyerangan. Terbukti dari 14 penampilan di Liga Belanda 2020-2021, Jayden Oosterwolde mengemas satu gol dan tiga assist.

Jayden Oosterwolde akan mampu mengimbangi atau melebihi agresivitas fullback kanan Indonesia, Amiruddin Bagas Kaffa. Sama seperti Jayden Oosterwolde, Bagas Kaffa juga aktif membantu serangan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Piala Dunia U-20 2023 Jalani Latihan Jangka Panjang

Selain itu, kehadiran Jayden Oosterwolde dipercaya semakin menguatkan lini pertahanan Indonesia, terlebih sebelumnya skuad Garuda Nusantara berhasil mengamankan bek keturunan Inggris-Indonesia, Elkan Baggott.

Kehadiran Jayden Oosterwolde dan Elkan Baggott membuat Indonesia tak perlu takut dalam duel-duel udara. Selain Jayden Oosterwolde yang bertinggi badan 189 sentimeter, Elkan Baggott memiliki tinggi mencapai 196 sentimeter!

Elkan Baggott

(Elkan Baggott memiliki tinggi badan mencapai 196 sentimeter)

“Indonesia dan Suriname telah menghubungi saya. Suatu waktu, saya menerima berbagai pesan Instagram dari Indonesia, salah satunya ternyata asisten pelatih tim nasional,” kata Jayden Oosterwolde , Okezone mengutip dari media Belanda, ELF Voetbol.

“Melalui agen saya, saya sudah mengatakan saat ini saya fokus untuk membela Timnas Belanda. Indonesia dan Suriname belum masuk pertimbangan saya. Saya selalu bermimpi untuk Timnas Belanda dan saya sedang mengejarnya,” lanjut Jayden.

Saat ini, Jayden Oosterwolde belum berkesempatan membela Timnas Belanda di kelompok umur mana pun. Namun, jika tampil konsisten bersama FC Twente, hanya masalah waktu bagi Jayden Oosterwolde untuk dipanggil ke skuad Der Oranje.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini