Share

Gilas AS Roma, Pirlo Senang Cristiano Ronaldo Mau Bantu Pertahanan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 47 2357832 gilas-as-roma-pirlo-senang-cristiano-ronaldo-mau-bantu-pertahanan-yip897a6Oq.JPG Juventus vs AS Roma (Foto: Reuters)

TURIN – Juventus memetik kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0 saat menjamu AS Roma dalam lanjutan giornata ke-21 Liga Italia 2020-2021. Menurut Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, kemenangan ini diperoleh karena para pemain Bianconeri tampil solid.

Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, menilai bahwa dalam pertandingan tersebut timnya memaksa Juventus bermain bertahan. Apa yang dikatakan Fonseca tersebut memang tidak salah karena Roma memiliki penguasaan bola lebih dominan dan kerap mengurung pertahanan Juventus.

Baca juga: Kini Ada di Puncak Klasemen, Inter Milan Tak Mau Terbebani

Kendati demikian, Pirlo tidak sepenuhnya sependapat dengan ucapan Fonseca itu. Ia menjelaskan bahwa sejak awal Juventus memang sudah berencana untuk bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Juventus vs AS Roma

Menurut Pirlo, sepakbola bukan hanya soal menyerang. Untuk bisa memenangkan pertandingan, bertahan dengan solid bisa menjadi kunci penting. Pirlo pada akhirnya puas karena strateginya ini berjalan lancar.

Baca juga: Teriakan Conte dari Tribune Jadi Alasan Inter Menang 2-0 atas Fiorentina

“Kami telah mempersiapkan pertandingan jenis ini. Kami tahu Roma memainkan sepakbola yang sangat bagus, jadi kami bersiap untuk bertahan dan kemudian melakukan serangan balik,” kata Pirlo kepada Sky Sport Italia.

“Cara kami menjaga pemain lawan bagus. Ini adalah pendekatan yang kami inginkan, karena tidak mudah untuk menyerang dan menjadi agresif saat melawan Roma,” lanjutnya.

Pirlo tidak hanya memuji barisan pertahanan Juventus saja yang tampil disiplin, namun juga seluruh pemain, termasuk Cristiano Ronaldo. Meski berstatus sebagai penyerang top dunia, namun Cristiano Ronaldo tetap bersedia mengikuti instruksi pelatih membantu pertahanan.

“Kami telah menemukan antusiasme, lebih solid dan pendekatan defensif kami lebih menentukan sekarang, karena kami belajar dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu,” papar Pirlo.

Juventus vs AS Roma

“Giorgio Chiellini dalam kondisi bagus dan kami berharap dia bisa terus seperti ini. Grup ini selalu rendah hati, tahu kapan waktunya untuk lari tanpa bola dan kapan semua orang perlu membantu. Bahkan juara terbesar pun melakukan itu dan itu adalah elemen penting," tandasnya.

Berkat kemenangan ini, Juventus pun naik poisisi ketiga klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi poin 42. Bianconeri kini berada tepat di belakang Inter Milan dan AC Milan yang menempati posisi pertama dan kedua dengan raihan poin 47 dan 46.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini