Mourinho Lihat Sisi Positif dari Kekalahan Tottenham Hotspur

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 45 2356795 mourinho-lihat-sisi-positif-dari-kekalahan-tottenham-hotspur-sXEmkI5EoX.JPG Jose Mourinho memberi instruksi (Foto: Reuters/Clive Rose)

LONDON – Pil pahit harus ditelan Tottenham Hotspur setelah ditumbangkan Chelsea dengan skor tipis 0-1 pada pekan 22 Liga Inggris 2020-2021, Jumat (5/2/2021) dini hari WIB. Kendati sedikit sulit diterima, Jose Mourinho melihat ada sisi positif bagi kesebelasan asuhannya.

Laga yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur sebetulnya berjalan seimbang. Kedua kesebelasan sama-sama kesulitan mengkreasi peluang sepanjang 90 menit laga. Hasil akhir bahkan harus ditentukan dari titik penalti.

Baca juga: Jose Mourinho Kesal Tottenham Hotspur Kalah Gara-Gara Penalti

Ya, Chelsea dihadiahi penalti oleh wasit Andre Marriner pada menit 23 setelah Eric Dier menjatuhkan Timo Werner. Eksekusi Jorginho dengan mulus bersarang di gawang kawalan Hugo Lloris.

Penalti Jorginho bikin Tottenham Hotspur tersungkur (Foto: Reuters/Clive Rose)

Hasil tersebut memang terasa pahit bagi Jose Mourinho dan anak buahnya. Namun, The Special One mengaku melihat sisi positif dari kekalahan tersebut, terutama pada paruh akhir pertandingan.

Baca juga: Tottenham Disikat Chelsea, Jose Mourinho Torehkan Rekor Buruk

“Pada akhir babak pertama, saya melihat sebuah tim yang kesulitan. Namun, hal berlawanan terjadi pada babak kedua. Masuknya beberapa pemain mengubah dinamika pertandingan,” ujar Jose Mourinho selepas pertandingan, dikutip dari BBC, Jumat (5/2/2021).

“Kami lebih banyak menekan di babak kedua dan saya meyakini kami pantas mendapatkan yang lebih baik. Semangat anak-anak di babak kedua sungguh luar biasa. Cara kami mengakhiri pertandingan, memberikan perasaan positif,” imbuh pria berpaspor Portugal itu.

Namun, bukan Jose Mourinho namanya kalau tidak melancarkan kritik. Pria berusia 58 tahun itu kesal karena anak asuhnya kalah gara-gara penalti. Bukan karena proses terjadinya penalti yang bikin kesal, melainkan itu menjadi penentu hasil akhir.

“Kami memang kesulitan. Namun, berapa banyak peluang yang mereka miliki? Benar, kami tidak banyak menguasai bola. Benar, kami tidak banyak mengkreasi peluang juga di babak pertama,” urai Jose Mourinho.

Pelanggaran Eric Dier terhadap Timo Werner (Foto: Reuters/Clive Rose)

“Pada akhirnya, penalti itu menentukan pertandingan. Penalti itu tidak tercipta dari situasi yang membahayakan atau satu lawan satu. Penalti itu sulit diterima dan kalah dalam pertandingan seperti ini, rasanya sedikit sakit,” tukas pria kelahiran Setubal tersebut.

Kekesalan Jose Mourinho kian terasa wajar melihat catatan buruk yang ditorehkan usai laga tersebut. Untuk pertama kali sepanjang karier profesionalnya, pria kelahiran Setubal itu menderita dua kekalahan beruntun di kandang sendiri pada liga domestik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini