Share

Liverpool Menang, Mo Salah Malah Berkomentar Negatif soal VAR

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 45 2354144 liverpool-menang-mo-salah-malah-berkomentar-negatif-soal-var-udnCHnb0DW.JPG Mo Salah mengaku tidak senang dengan VAR (Foto: Reuters/Clive Rose)

LONDON – Liverpool kembali menorehkan hasil positif usai menaklukkan West Ham United dengan skor 3-1 di London, Senin (1/2/2021) dini hari WIB. Kendati tampil sebagai pahlawan, Mohamed Salah justru mengungkapkan kekecewaan terhadap penerapan teknologi VAR.

Pencapaian Liverpool sepanjang musim Liga Inggris 2020-2021 memang naik turun. Si Merah saat ini nangkring di posisi tiga dengan nilai 40 dari 21 pertandingan yang sudah dijalani. Kondisi tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh beberapa keputusan wasit yang dinilai merugikan.

Sejak 2019-2020, wasit-wasit di Liga Inggris dibantu dengan penerapan teknologi VAR. Beberapa keputusan krusial seperti proses terjadinya gol, pelanggaran yang layak dikartu merah, dan pelanggaran yang layak mendapat hadiah penalti, cukup terbantu dengan adanya teknologi itu.

Baca juga: Klopp Bangga Liverpool Diperkuat 2 Duta Muslim Terbaik

Virgil van Dijk cedera usai dihajar Jordan Pickford

Akan tetapi, VAR juga tidak lepas dari kontroversi. Salah satu keputusan yang merugikan Liverpool musim ini adalah ketika Virgil Van Dijk dihajar kiper Everton Jordan Pickford hingga cedera. Ketika itu, wasit lebih memilih melihat Van Dijk offside ketimbang menghukum Pickford dengan kartu merah.

Tidak heran, Mohamed Salah menilai penerapan VAR cukup mengecewakan. Pria asal Mesir itu bahkan menuding VAR menyebabkan Liverpool beberapa kali menuai hasil yang tidak diinginkan. Menurutnya, VAR justru membunuh pertandingan sepakbola.

“Saya sudah berpikir soal ini sebelumnya, saya tidak menyukai VAR. Sejak awal musim ini, menurut pendapat saya, VAR membunuh pertandingan,” papar Mohamed Salah, dikutip dari Goal, Senin (1/2/2021).

Lebih lanjut, pemain berusia 28 tahun itu menilai pemakaian VAR di negara lain justru mengurangi kontroversi. Sadar opininya bisa berbuah hukuman, Mohamed Salah lantas berusaha melembutkan nada bicaranya.

“Di negara lain, sepertinya baik-baik saja. Saya tidak mau dijatuhi denda, tetapi itu adalah pendapat saya. Sekali lagi, saya tidak menyukai VAR,” imbuh Mohamed Salah.

Mo Salah cetak gol (Foto: Reuters/Justin Setterfield)

Laga West Ham United vs Liverpool sendiri relatif bersih dari intervensi VAR. Anak asuh Jurgen Klopp bahkan bisa membawa pulang kemenangan dengan skor 3-1. Dua dari tiga gol tim tamu dicetak oleh Mohamed Salah.

Sepasang golnya itu membawa Mohamed Salah pada pencapaian spesial. Ia menjadi pemain pertama yang mampu mengemas minimal 20 gol di semua kompetisi dalam empat musim beruntun. Pemain Liverpool terakhir yang melakukannya adalah Ian Rush pada dekade 1980.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini