Gara-Gara Tak Puasa Ramadan, Diego Maradona-nya Asia Pernah Dipecat sang Klub

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 51 2353693 gara-gara-tak-puasa-ramadan-diego-maradona-nya-asia-pernah-dipecat-sang-klub-yZYb4Rbc15.jpg Ali Karimi, mantan pemain asal Iran. (Foto: Istimewa)

TEHERAN – Keputusan tegas pernah dibuat klub asal Iran, Steel Azin FC. Kala itu atau medio 2010, klub menyarankan seluruh pemain muslim untuk menjalankan puasa Ramadan. Bagi yang ketahuan tidak berpuasa, akan mendapatkan hukuman dari klub yang bermarkas di Kota Teheran, Iran tersebut.

Ternyata, gelandang andalan Tim Nasional (Timnas) Iran kala itu, Ali Karimi, melakukan pelanggaran. Ketika sesi latihan Steel Azin FC digelar sore hari, Ali Karimi yang sempat membela Bayern Munich periode 2005-2007, ketahuan minum saat latihan.

Ali Karimi

(Ali Karimi (kanan), saat bela Timnas Iran. (Foto: REUTERS)

Alhasil, sang klub pun memberikan hukuman tegas kepada pemain yang memiliki julukan Diego Maradona-nya Asia tersebut. Tidak tanggung-tanggung, sang klub langsung memecat Ali Karimi.

“Klub harus memecat salah satu pemain, Ali Karimi, karena tidak patuh dan tidak berpuasa selama Ramadan. Ali Karimi telah menghina pejabat Federasi Sepakbola Iran dan pengawal tim Teheran atas masalah ini,” tulis pernyataan klub, mengutip dari Daily Mail, Minggu (31/1/2021).

Hanya saja, Ali Karimi tidak terima begitu saja dipecat sang klub. Ia melakukan segala cara untuk bisa kembali masuk ke dalam tim.

BACA JUGA: Menjadi Mualaf, Ribery Kerap Tersandung Kontroversi soal Bir

Setelah melakukan negosiasi, Ali Karimi akhirnya kembali diizinkan masuk tim. Namun, ia harus membayar denda USD40.000 atau setara Rp561 juta.

Bagi yang belum tahu, Ali Karimi merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dilahirkan Iran. Tak hanya mentas di kompetisi lokal, gelandang yang identik dengan rambut panjangnya ini sempat berkiprah di Jerman, tepatnya bersama Bayern Munich dan Schalke 04.

Ali Karimi

(Ali Karimi saat bela Bayern Munich)

Hebatnya baik saat membela Bayern dan Schalke, Ali Karimi selalu memenangkan trofi. Ia membantu Bayern Munich racikan Felix Magath juara Liga Jerman dan DFB Pokal 2005-2006.

Sementara bareng Schalke 04, Ali Karimi membantu sang klub juara DFB Pokal 2010-2011. Tidak sampai di situ, bahu-membahu bersama Manuel Neuer, Ali Karimi juga mengantarkan Schalke 04 lolos ke semifinal Liga Champions 2010-2011.

Hanya saja, Ali Karimi sekarang sudah tak lagi aktif sebagai pesepakbola. Sejak 2014, ia memutuskan pensiun dari dunia si kulit bulat yang membesarkan namanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini