Meski Gagal Menang, Tuchel Terkesan dengan Semangat Juang Pemain Chelsea

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 05:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 45 2352077 meski-gagal-menang-tuchel-terkesan-dengan-semangat-juang-pemain-chelsea-nvVPHswjYa.JPG Thomas Tuchel dan Jorginho (Foto: Reuters)

LONDON – Chelsea harus puas hanya bisa bermain imbang dengan skor 0-0 saat menjamu Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Ini merupakan pertandingan perdana Thomas Tuchel sebagai pelatih Chelsea.

Tuchel sejatinya baru diumumkan sebagai pelatih anyar The Blues pada Rabu 27 Januari 2021 dini hari WIB. Itu tandanya, Tuchel hanya memiliki waktu sekira 24 jam untuk mempersiapkan timnya menghadapi pertandingan debutnya.

Meski pada akhirnya Chelsea tak mampu memetik poin penuh atas Wolves, namun pelatih berpaspor Jerman itu mengaku senang dengan intensitas yang ditunjukkan para pemainnya. Menurutnya, Chelsea punya banyak potensi untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Baca juga: Mikel Arteta Bikin Martin Odegaard Yakin Gabung Arsenal

Chelsea vs Wolves

"Saya sangat menikmatinya karena saya sangat senang dengan intensitas, sikap, energi dan kualitas tim saya. Kami terorganisir dengan baik, berhasil banyak memenangkan bola di sepertiga terakhir lapangan, tidak pernah kekurangan intensitas,” ujar Tuchel kepada BBC, Kamis (28/1/2021).

“Kami meningkat menit demi menit di babak kedua. Saya sangat senang dengan performa yang bijaksana. Sayangnya kami tidak bisa mencetak gol. Jika kami menjaga performa seperti ini hasilnya akan datang,” lanjutnya.

Tuchel menilai Chelsea yang sekarang agak mirip dengan Borussia Dortmund, klub di mana ia dulu pernah melatih. Tuchel pun optimis Chelsea bisa berkembang pesat di bawah asuhannya.

"Itu sedikit mengingatkan saya pada permainan kami di Dortmund. Kami menjalani sesi latihan yang sangat bagus kemarin, 21 orang yang benar-benar terjaga, untuk mencoba melakukan apa yang kami lakukan - secara taktik, struktur, bagaimana untuk mempercepat permainan, bagaimana cara bertahan,” jelasnya.

“Saya tidak menyangka akan berada pada level ini dari satu pelatihan dan dua pertemuan. Ini memberi saya perasaan yang baik untuk masa depan,” pungkas pelatih 47 tahun tersebut.

Thomas Tuchel dan Marina Granovskaia

Tuchel dikontrak Chelsea selama 18 bulan, yakni hingga 30 Juni 2021. Di Chelsea, ia akan bereuni dengan Thiago Silva. Sebelumnya, mereka pernah menjalin kerja sama di Paris Saint-Germain (PSG).

Selain itu, Tuchel pun akan bekerja sama dengan sejumlah pemain asal Jerman. Nama-nama seperti Kai Havertz, Timo Werner, dan Antonio Rudiger diharapkan bisa bersinar dengan kedatangan Tuchel ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini