5 Pesepakbola yang Berpotensi Menangkan Trofi Ballon dOr Setelah Era Ronaldo-Messi

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 51 2351645 5-pesepakbola-yang-berpotensi-menangkan-trofi-ballon-dor-setelah-era-ronaldo-messi-oIMuGntTkK.jpg Kylian Mbappe (Foto: Reuters)

GELAR Ballon dOr adalah penghargaan pribadi paling bergengsi di dunia sepakbola dan selalu diberikan pada akhir tahun. Meski sempat terhenti pada tahun lalu karena adanya pandemi Covid-19, tetapi Ballon dOr tidak kehilangan pesonanya.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo total telah memenangkan 11 penghargaan Ballon dOr. Ini menjadi hal mengejutkan karena keduanya tidak menunjukkan tanda-tanda melambat meski berada di tahun-tahun senja dalam karier masing-masing.

Namun, beberapa tahun terakhir, beberapa pemain muda telah membuat tanda dan tampaknya siap untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Berikut lima pesepakbola yang berpotensi memenangkan trofi Ballon dOr setelah era Ronaldo dan Messi.

5. Erling Haaland (Borussia Dortmund – Norwegia)

Haaland telah menikmati performa menanjak dalam 12 bulan terakhir. Namanya mulai dikenal luas setelah menunjukkan perkembangan pesat bersama klub Austria yakni Red Bull Salzburg. Begitu juga dengan kehadirannya di Liga Champions yang begitu memesona.

Pemain berusia 20 tahun itu adalah finisher yang kuat dan memiliki kemampuan luar biasa untuk berlari di belakang lalu menempatkan dirinya di posisi sebagai pencetak gol. Haaland termasuk pemain yang diinginkan beberapa klub besar.

Namun, pada Januari 2019, Haaland akhirnya merapat ke Borussia Dortmund. Bersama klub asal Jerman tersebut, Haaland masih menjadi mesin pencetak gol dan disebut bisa menjadi pemenang Ballon dOr di masa depan.

Erling Haaland

4. Jadon Sancho (Borussia Dortmund – Inggris)

Sancho adalah salah satu pemain muda paling berbakat di dunia sepakbola. Pemain berusia 20 tahun itu mampu mencetak gol dan menciptakannya dari area luas. Kualitas tinggi yang dimiliki Sancho sendiri sudah muncul sejak usia 17 tahun.

Pada 2017 , ia beralih dari Manchester City ke Dortmund untuk mendapatkan waktu bermain reguler. Keputusannya pun tidak salah. Bersama Dortmund, ia telah menampilkan serangkaian penampilan yang menarik di Liga Jerman dan menjadi salah satu pemain paling dicari di dunia sepakbola.

Manchester United bahkan dilaporkan bersedia memecahkan rekor transfer untuk mendapatkan jasa Sancho. Karena itu, sudah tidak diragukan lagi bahwa Sancho memiliki potensi untuk memenangkan trofi Ballon dOr di masa depan.

Jadon Sancho

3. Trent Alexander-Arnold (Liverpool – Inggris)

Alexander-Arnold sudah memiliki trofi yang cukup untuk kisaran usia 21 tahun. Pemain berposisi bek kanan tersebut telah membuktikan dirinya sebagai seorang yang kreatif di tim Liverpool yang bertabur bintang.

Ia memiliki jangkauan umpan yang luar biasa dengan kemampuan untuk melakukan umpan silang dari area yang luas. Bahkan ia mulai disandingkan dengan David Beckham, yang membuat banyak pihak akhirnya menaruh perhatian terhadap Alexander-Arnold.

Berada di bawah asuhan Jurgen Klopp, Alexander-Arnold benar-benar menunjukkan perkembangan pesat. Jika ia terus tampil seperti ini untuk klub dan negara, bukan tidak mungkin ia akan menjadi bek pertama sejak Fabio Cannavaro pada 2006 untuk memenangkan titel Ballon dOr.

Trent Alexander-Arnold

2. Neymar Jr (Paris Saint-Germain – Brasil)

Kisah Neymar di dunia sepakbola sudah tidak diragukan lagi. Penyerang lincah tersebut telah tampil di panggung sepakbola dalam satu dekade terakhir. Ia dianggap sebagai salah satu pemain paling berbakat dalam generasinya.

Setelah menjalani karier cemerlang di Barcelona, pemain berpaspor Brasil itu akhirnya pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2017. Neymar pun masih mempertahankan kemampuan terbaiknya dalam penguasaan bola dan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai playmaker.

Pemain berusia 28 tahun itu dipuji sebagai pewaris takhta Lionel Messi ketika ia muncul dan menjadi penyerang paling berpengaruh di dunia sepakbola pada masanya. Neymar harus mendapatkan Ballon dOr di tahun-tahun mendatang karena bakatnya yang luar biasa.

Neymar Jr

1. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain – Prancis)

Mbappe dijuluki sebagai pemain paling berbakat di generasinya dan sudah menjadi salah satu pemain terbaik dunia meski baru berusia 21 tahun. Pemain Prancis itu telah dibandingkan dengan orang-orang seperti Thiery Henry, Ronaldo, dan Pele karena gayanya mirip dengan mereka pada usia yang sangat muda.

Ia dikenal dengan gerakan off-the-ball-nya karena memiliki kecepatan yang eksplosif dan kecepatan lari yang kuat. Mbappe adalah penggiring bola yang luar biasa dan memiliki semua atribut fisik untuk sukses dalam permainan modern.

Setelah muncul dari AS Monaco, bakatnya langsung dilirik PSG. Bahkan saat ini, pemain berpaspor Prancis itu telah memenangkan Piala Dunia dan beberapa gelar liga di Prancis. Karena itu, ia diprediksi akan mendmonasi sepakbola di tahun-tahun mendatang.

Kylian Mbappe

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini