5 Pesepakbola Bintang Ini Tak Disangka Beragama Islam, Siapa Saja?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 51 2349511 5-pesepakbola-bintang-ini-tak-disangka-beragama-islam-siapa-saja-6sWvjiYdz9.jpg Emmanuel Adebayor (Foto: Reuters)

WINGER Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane, merupakan dua pemain beragama Islam yang namanya sudah sangat tersohor. Sebab, Salah dan Mane bukan hanya rajin mencetak gol, namun juga kerap menunjukkan sisi keislamannya dalam berbagai kesempatan.

Mane sebagai contohnya, ia diketahui sering beramal, utamanya menyantuni orang-orang yang membutuhkan yang ada di kampung halamannya. Selain itu, Mane juga mendirikan beberapa bangunan penting di Senegal, seperti masjid, sekolah, hingga rumah sakit di Senegal.

Selain Mane dan Salah, sebenarnya masih banyak pesepakbola Muslim yang lain. Berikut ini adalah lima pesepakbola bintang yang tidak disangka ternyata memeluk agama Islam.

1. Edin Dzeko

Edin Dzeko

Penyerang AS Roma, Edin Dzeko, merupakan salah satu pesepakbola yang sering disangka bukan beragama Islam. Padahal, Dzeko telah menjadi pemeluk agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW tersebut sejak masih kecil.

Dzeko sejatinya berasal dari Bosnia Herzegovina yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Kedua orang tua Dzeko pun Islam. Sama halnya dengan Mane, Dzeko juga dikenal sebagai sosok yang senang bersedekah.

2. Granit Xhaka

Granit Xhaka

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, sejatinya memiliki kebangsaan Swiss. Akan tetapi, Xhaka merupakan keturunan Albania, yakni negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Maka dari itu, Xhaka pun beragama Islam, mengikuti orang tuanya. Di Arsenal, Xhaka juga memiliki rekan setim yang beragama Islam. Ia adalah Shkodran Mustafi.

3. Paul Pogba

Paul Pogba

Beberapa tahun lalu sempat jadi perdebatan apakah agama yang sebenarnya dianut oleh Paul Pogba. Hal itu memang tidak salah, karena Pogba sendiri mengakui bahwa ia baru mulai hijrah dan menjalankan nilai-nilai Islam pada 2013.

Pogba sejatinya lahir dari ibu yang merupakan seorang muslim. Akan tetapi, sebelum ini ia tak mengamalkan ajaran-ajaran Islam tersebut. Sampai kemudian Pogba menemukan kehampaan dalam hidupnya. Ia pun mulai mendalami agama Islam dan merasa hidupnya lebih tenang.

“Menjadi Muslim adalah segala-galanya. Itu (Islam) membuat saya berterima kasih kepada hidup ini dan membuat saya memikirkan makna hidup. Saya merasa lebih tenang. Saya bersyukur atas segalanya," ujar Pogba.

4. Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor

Mantan penyerang Arsenal, Emmanuel Adebayor, tidak terlahir sebagai seorang Muslim. Ia baru memutuskan menjadi mualaf pada 2015 ketika usianya 31 tahun. Masalah keluarga menjadi faktor yang membuat Adebayor mulai mempelajari Islam.

Setelah memeluk agama Islam, pria berkebangsaan Togo itu mengaku hidupnya menjadi tenang. Adebayor kemudian melanjutkan karier sepakbolanya di Liga Turki pada 2017, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

5. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka merupakan pemain yang telah membela banyak klub besar seperti Arsenal, Real Madrid, Liverpool, hingga Chelsea. Meski begitu, Anelka yang awalnya beragama Nasrani telah memutuskan untuk menjadi mualaf ketika usianya masih 16 tahun.

“Saya berusia 16 tahun ketika saya masuk Islam, di luar aspek persaudaraan, konversi saya tidak mengubah hidup saya. Saya sudah hidup dengan prinsip yang sama - menjadi orang benar, memiliki nilai,” ujar Anelka.

“Apa yang membuat saya masuk Islam adalah bahwa saya memiliki keyakinan bahwa Islam adalah untuk saya. Saya merasakan hubungan ini dengan Tuhan, dan itu mencerahkan hidup saya. Saya memiliki keyakinan di hati saya bahwa itu adalah agama saya. Saya senang menjadi seorang Muslim, agama damai dan saya belajar banyak dari Islam,” sambungnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini