3 Pesepakbola Muslim Barcelona Jalani Puasa, Xavi: Mereka Luar Biasa!

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 51 2349000 3-pesepakbola-muslim-barcelona-jalani-puasa-xavi-mereka-luar-biasa-tN8okFg2FQ.jpg Xavi Hernandez saat menangani Al-Sadd. (Foto: Twitter/@AlSadd)

BARCELONA – Pesepakbola legenda Barcelona, Xavi Hernandez, takjub dengan tiga pemain muslim yang pernah berseragam Blaugrana –julukan Barcelona, yakni Seydou Keita, Ibrahim Afellay dan Eric Abidal. Xavi takjub karena ketiganya kuat menjalankan puasa di Bulan Ramadan.

Pria yang kini berkarier sebagai pelatih klub Al-Sadd itu takjub karena Keita dan kawan-kawan sanggup menjalankan puasa Ramadan selama 16-18 jam dalam sehari. Tidak sampai di situ, Abidal, Keita dan Afellay tak pernah melewatkan salat lima waktu.

Eric Abidal

(Abidal (kiri) dan Keita dikenal sebagai penganut Islam yang taat)

Ketika Barcelona mendapatkan jadwal bertanding malam hari atau berdekatan dengan waktu salat Isya, mereka sampai-sampai solat di ruang ganti. Keteguhan itulah yang membuat Xavi terkesan.

“Abidal, Keita, dan Afellay adalah Muslim yang hebat,” kata Xavi mengutip dari El Heddaf, koran terbitan Aljazair.

“Mereka bisa melakukannya (puasa Ramadan selama 16-18 jam). Luar biasa. Semakin bertambah hormat saya kepada mereka yang menjalankan kewajiban agamanya dengan taat,” lanjut Xavi yang total memberikan 25 trofi selama 17 tahun berseragam tim senior Barcelona.

Xavi sedikit paham soal ajaran agama Islam. Sebab, ketika duduk di bangku sekolah, pria berpaspor Spanyol itu diajarkan pentingnya menghormati agama lain, atau menjaga toleransi antarumat beragama.

BACA JUGA: Barcelona Susah Payah Kalahkan Cornella, Ronald Koeman Gusar

Karena itu, tiap kali Keita, Abidal dan Afellay melaksanakan salat, Xavi tidak pernah jalan di depan mereka. Xavi tahu dalam Islam ada larangan soal melintasi di depan orang yang sedang melaksanakan ibadah salat.

Bisa dibilang pengalaman bergaul dengan pesepakbola beragama Islam itu yang membuat Xavi mau melanjutkan karier di Qatar. Qatar merupakan negara yang warganya mayoritas beragama Islam.

Xavi Hernandez

(Xavi Hernandez kini tercatat sebagai pelatih Al-Sadd)

Tercatat Xavi Hernandez empat tahun (2015-2019) menjadi personel klub asal Qatar, Al-Sadd. Setelah memutuskan gantung sepatu pada 2019, Xavi Hernandez melanjutkan karier sebagai pelatih.

Klub yang ditangani Xavi juga Al-Sadd, klub terakhir yang dibela sebagai pemain. Selama dua tahun berkarier sebagai pelatih, Xavi telah memberikan empat trofi bagi Al-Sadd.

Performa apik di atas membuat Xavi masuk radar Barcelona. Pria 40 tahun itu disebut-sebut disiapkan sejumlah kandidat presiden Barcelona seperti Joan Laporta dan Victor Font, untuk menjadi pelatih Blaugrana selanjutnya menggantikan Ronald Koeman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini