Tanpa Pengalaman Melatih di Level Klub, Chelsea Yakin Tunjuk Andriy Shevchenko?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 51 2347500 tanpa-pengalaman-melatih-di-level-klub-chelsea-yakin-tunjuk-andriy-shevchenko-iLNMXstBaN.jpg Shevchenko kandidat pelatih Chelsea selanjutnya. (Foto: REUTERS)

LONDON – Nama pelatih Tim Nasional (Timnas) Ukraina, Andriy Shevchenko, muncul ke permukaan sebagai calon juru taktik Chelsea selanjutnya menggantikan posisi Frank Lampard. Media-media Inggris seperti Metro dan Daily Star menempatkan Andriy Shevchenko di posisi teratas sebagai calon kuat pelatih Chelsea selanjutnya.

Posisi Frank Lampard sebagai pelatih Chelsea berada di ujung tanduk. Telah diberi dana 247,2 juta euro atau sekira Rp4,22 triliun untuk belanja pemain pada musim panas 2020, Lampard gagal mendongkrak performa Chelsea.

Shevchenko

(Shevchenko kencang dikabarkan menjadi pelatih Chelsea selanjutnya)

Sempat kencang, Chelsea seperti menginjak pedal rem dalam delapan laga terakhir di Liga Inggris 2020-2021. Terbukti dalam delapan laga terkini di Liga Inggris 2020-2021, Chelsea hanya mendapatkan dua menang, satu imbang dan tiga kalah!

Terbaru, Chelsea ditumbangkan Leicester City dengan skor 0-2! Paham gagal mendongkrak performa Chelsea, Frank Lampard siap jika nantinya dipecat manajemen The Blues.

“Ekspektasi di klub ini sangat tinggi. Itu bukan keputusan saya (saat ditanya masa depannya). Beberapa hal di luar kontrol dan saya tidak bisa menjawab. Satu hal yang pasti, direktur Chelsea lebih dari kecewa saat ini,” kata Lampard, mengutip dari akun Twitter @FabrizioRomano.

BACA JUGA: Lampard Dipecat, Andriy Shevchenko Jadi Pelatih Chelsea?

Seiring pernyataan Lampard di atas, rumor Andriy Shevchenko akan ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pun naik ke permukaan. Sekarang yang jadi pertanyaan, manajemen Chelsea yakin menunjuk Andriy Shevchenko sebagai pelatih Chelsea?

Tidak kapokkah Chelsea menunjuk pelatih minim pengalaman? Sekadar informasi, Lampard yang mereka angkat sebagai pelatih pada 2019, baru turun di level manajerial profesional pada 2018 dengan menangani Derby County.

Frank Lampard

(Lampard minim pengalaman sebagai pelatih)

Hal tak jauh berbeda dialami Andriy Shevchenko. Ia baru menjadi pelatih profesional pada 2016 dengan menangani Tim Nasional Ukraina. Karena menangani tim nasional, jumlah laga yang dijalani Shevchenko pun sangat minim.

Total dari 41 penampilan bersama Ukraina, Shevchenko menghadirkan 21 menang, 9 imbang dan 11 kalah. Terikat kontrak bersama Ukraina hingga 31 Desember 2022, Shevchenko sama sekali tidak memiliki pengalaman melatih di klub.

Tentu, cara melatih dan mengorganisasi klub dan tim nasional sangat berbeda. Karena itu, manajemen Chelsea mesti memikir masak-masak sebelum menunjuk Shevchenko sebagai pelatih, sosok yang pernah membela mereka dalam kapasitas sebagai pemain dari 2006-2009.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini