Kalah dari Athletic Bilbao, Lini Belakang Barcelona Jadi Sorotan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 46 2346309 kalah-dari-athletic-bilbao-lini-belakang-barcelona-jadi-sorotan-oTYIycVJkE.JPG Barcelona gagal mengantisipasi bola mati dari Athletic Bilbao (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Lini belakang Barcelona kembali menjadi sorotan usai kalah pada Final Piala Super Spanyol dari Athletic Bilbao. Pelatih Ronald Koeman dan penyerang Antoine Griezmann kompak menyebut ada yang salah dengan bangunan pertahanan timnya.

Sejauh ini, lini belakang Barcelona memang terhitung keropos. Dari 26 pertandingan di semua kompetisi yang sudah dijalani, mereka kemasukan 26 kali. Bahkan, Blaugrana hanya mencatat dua kali cleansheet dalam lima laga terakhir.

Kelemahan itu terlihat nyata pada laga melawan Athletic Bilbao di Stadion Olimpiade, Sevilla, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. Barcelona terlihat gagap mengantisipasi situasi bola mati sehingga kemasukan gol penyeimbang di penghujung babak kedua.

Baca juga: Sikat Real Madrid-Barcelona, Gelar Juara Athletic Bilbao Terasa Lebih Manis

Oscar de Marcos cetak gol penyeimbang (Foto: Athletic Bilbao)

Untuk yang satu itu, Ronald Koeman punya pembelaan. Menurutnya, Athletic Bilbao sangat ahli dalam memaksa anak-anak asuhnya melakukan pelanggaran. Cara itu terbukti efektif karena Los Leones pintar memanfaatkan situasi bola mati.

“Itu adalah kualitas dari pemain Athletic Bilbao, bagaimana mereka selalu berusaha mendapatkan pelanggaran,” ujar Ronald Koeman, dilansir dari Football Espana, Senin (18/1/2021).

“Kami tidak memiliki pemain-pemain bertubuh tinggi, dan gol kedua mereka, kami tidak benar-benar mengatur garis pertahanan dengan baik,” imbuh pria berpaspor Belanda itu.

Hal senada diutarakan Antoine Griezmann. Menurutnya, problem di lini belakang Barcelona terjadi karena kurangnya komunikasi. Masalah itu menyebabkan mereka begitu gagap mengantisipasi bola yang menembus area pertahanan.

“Kami tidak bertahan dengan baik. Kami tidak mampu berkomunikasi dengan sebaik-baiknya. Ketika bola masuk ke area pertahanan, seseorang harus berteriak,” tegas Antoine Griezmann.

Inaki Williams mencetak gol kemenangan (Foto: Athletic Bilbao)

Uraian dari Ronald Koeman dan Antoine Griezmann memang patut dicermati. Pada gol pertama yang dihasilkan Oscar de Marcos, terlihat lini belakang Barcelona tidak mengantisipasi umpan silang yang dilepaskan Inaki Williams dengan baik.

Sedangkan pada gol penyeimbang yang dicetak Asier Villalibre, lini belakang Barcelona tidak mampu menyapu bola yang datang ke mulut gawang Marc-Andre ter Stegen. Pada gol ketiga, mereka gagal menutup ruang tembak Inaki Williams sehingga kiper tak bisa mencegah laju bola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini