Lionel Messi Diganjar Kartu Merah, Striker Athletic Bilbao: Dia Frustrasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 46 2346236 lionel-messi-diganjar-kartu-merah-striker-athletic-bilbao-dia-frustrasi-cU1EVf5UGM.JPG Asier Villalibre (20) menilai Lionel Messi frustrasi (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Kartu merah yang diterima Lionel Messi pada laga Final Piala Super Spanyol menjadi pusat perhatian. Pemain yang dilanggar La Pulga, Asier Villalibre, menilai aksi sang megabintang Barcelona memang layak diganjar kartu merah.

Seperti diketahui, laga Final Piala Super Spanyol itu dimenangi Athletic Bilbao dengan skor 3-2. Namun, bukan itu yang menjadi cerita utama, melainkan kartu merah yang diterima Lionel Messi. Pesepakbola berusia 33 tahun itu didakwa melakukan tindakan kekerasan pada injury time babak tambahan.

Ditilik dari tayangan ulang, Lionel Messi memang memukul striker Athletic Bilbao Asier Villalibre dari belakang. Ia diduga kesal karena arah larinya dihalangi oleh pemain berusia 23 tahun itu. Wasit awalnya tidak melihat insiden tersebut dan meneruskan pertandingan.

Baca juga: Dikartu Merah, Berapa Lama Lionel Messi Bakal Absen?

Lionel Messi dikartu merah langsung (Foto: Reuters/Marcelo del Pozo)

Namun, setelah mendapat bisikan dari VAR, Jesus Gil Manzano langsung melihat tayangan ulang. Tidak lama, ia mencabut kartu merah dari saku untuk Lionel Messi. Itu merupakan kartu merah pertama yang diterima The Messiah sepanjang karier profesionalnya.

Soal kartu merah itu, Asier Villalibre berharap tidak ada kontroversi apa pun. Sebab, sudah tampak dengan jelas bagaimana Lionel Messi kehilangan ketenangan dan melakukan kekerasan.

“Saya tidak yakin kita perlu menyebutnya kontroversial. Semua kesebelasan melakukan pelanggaran, dan kami memang melakukannya. Saya menghalanginya dengan badan agar tidak bisa merangsek ke depan. Dia marah dan memukul wajah saya. Itu jelas kekerasan,” tutur Asier Villalibre, dinukil dari AS, Senin (18/1/2021).

Pernyataan pemain berusia 20 tahun itu diperkuat oleh laporan dari wasit Jesus Gil Manzano. Dalam laporannya, sang pengadil mendakwa Lionel Messi memukul lawan dengan menggunakan kekuatan penuh saat permainan masih berlangsung.

“Di menit 120, pemain bernomor punggung 10 Lionel Andres Messi Cuccittini diusir keluar dengan alasan berikut: memukul lawan memakai lengan dengan kekuatan penuh ketika bola masih bergulir,” bunyi laporan pertandingan yang ditulis wasit Gil Manzano.

Lionel Messi melangkah gontai (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

Dari kartu merah tersebut, Lionel Messi otomatis absen pada laga Barcelona berikutnya kontra Cornella di ajang Copa del Rey. Namun, mengacu pada laporan wasit, pesepakbola berpaspor Argentina itu terancam sanksi yang lebih berat.

Berapa lama durasi hukuman sepenuhnya tergantung dari penilaian otoritas berwenang serta pasal dakwaan yang dikenakan. Rentang hukuman tambahan tersebut bisa menjadi empat pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini