Jurgen Klopp Berupaya Pengaruhi Wasit Liverpool vs Man United

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 45 2344571 jurgen-klopp-berupaya-pengaruhi-wasit-liverpool-vs-man-united-nE7lCbAfaZ.JPG Jurgen Klopp memegang bola (Foto: Reuters/Jon Super)

LIVERPOOL – Pekan lalu, Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengeluh seringnya Manchester United mendapat hadiah penalti dalam dua tahun terakhir. Menurut mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg, keluhan itu adalah upaya memengaruhi wasit Paul Tierney.

Seperti diketahui, Liverpool tumbang dengan skor tipis 0-1 dari tuan rumah Southampton pada 5 Januari 2021 dini hari WIB. Emosi Jurgen Klopp memuncak karena wasit Andre Marriner tidak memberikan penalti di menit-menit akhir. Padahal, Sadio Mane terlihat diganjal bek tuan rumah.

Jadilah, keluhan yang meluncur dari mulut Jurgen Klopp. Pria asal Jerman itu menuding Man United mendapat penalti dua kali lebih banyak dalam dua tahun terakhir ketimbang Liverpool sejak dirinya datang pada Oktober 2015.

Baca juga: Man United Sering Dapat Penalti, Begini Penjelasan Mantan Wasit Liga Inggris

Paul Tierney ditunjuk sebagai wasit Liverpool vs Man United (Foto: Premier League)

Ocehan itu sampai juga ke telinga Mark Clattenburg. Mantan wasit Liga Inggris itu menilai Jurgen Klopp sengaja ingin memengaruhi tim pengadil laga Liverpool vs Man United.

“Dia sengaja melakukannya. Sejak Fergie (Sir Alex Ferguson) pensiun, kita tidak pernah melihat upaya terang-terangan untuk memengaruhi wasit menjelang pertandingan besar. Klopp tidak melakukannya musim lalu ketika Liverpool menang setiap pekan,” ujar Mark Clattenburg, dinukil dari Goal, Kamis (14/1/2021).

“Itu adalah permainan pikiran, sebuah usaha untuk memengaruhi Paul Tierney sehingga masuk di dalam kepalanya sebelum pertandingan besar antara Liverpool vs Man United akhir pekan ini,” tegas pria berkebangsaan Inggris itu.

Lebih lanjut, Mark Clattenburg menerangkan mengapa Man United kerap mendapat hadiah penalti. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari kepintaran Marcus Rashford dan kawan-kawan mengundang lawan untuk melakukan pelanggaran.

“Saya sudah menyaksikan Man United dengan seksama musim ini dan menganalisa setiap penalti yang mereka dapat (11 penalti). Saya meyakini ada setidaknya lima penalti dari gerakan pemain Man United yang mengundang tekel lawan,” urai Mark Clattenburg.

Paul Pogba dijatuhkan di kotak terlarang (Foto: Reuters/Carl Recine)

“Marcus Rashford, Anthony Martial, Paul Pogba, dan Mason Greenwood, adalah pemain-pemain yang terlibat. Mereka, dalam beberapa cara, sungguh pintar. Sekali ada kontak dan penalti diberikan, VAR tidak mungkin membatalkan putusan itu,” tukas pria berusia 45 tahun itu.

Big match antara Liverpool vs Manchester United sendiri akan digelar pada Minggu 17 Januari 2021 malam WIB. Laga akbar tersebut berpotensi menentukan peta persaingan juara Liga Inggris 2020-2021. Andai Liverpool gagal menang, maka Man United akan terus berkuasa di puncak klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini