Man United Sering Dapat Penalti, Begini Penjelasan Mantan Wasit Liga Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 45 2344554 man-united-sering-dapat-penalti-begini-penjelasan-mantan-wasit-liga-inggris-W4SglvsGis.JPG Bruno Fernandes mengeksekusi penalti (Foto: Reuters/Catherine Ivill)

MANCHESTER – Tudingan soal Manchester United didukung wasit hingga sering mendapat hadiah tendangan penalti terus bergulir. Menurut mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg, penggawa Setan Merah sungguh pintar memanfaatkan rasa frustrasi bek lawan hingga akhirnya dilanggar.

Sekadar informasi, Manajer Liverpool Jurgen Klopp kesal dan menuding Man United dua kali lebih banyak dapat penalti dibanding skuad asuhannya. Ocehan itu muncul setelah Si Merah tumbang di tangan Southampton dan wasit tidak memberi hadiah penalti.

Sebetulnya, perkataan Jurgen Klopp tidak salah. Man United memang dihadiahi 18 penalti sejak Juni 2020. Sementara itu, Liverpool hanya mendapat enam hadiah tendangan 12 pas dari wasit.

Baca juga: 3 Bintang Man United Terancam Tak Main Lawan Liverpool

Paul Pogba dihatuhkan di kotak terlarang (Foto: Reuters/Carl Recine)

Perdebatan soal pantas tidaknya Man United mendapat penalti coba diuraikan oleh Mark Clattenburg. Pria yang kini menjadi wasit di Liga Arab Saudi itu mengatakan, Marcus Rashford dan kawan-kawan sungguh pintar memanfaatkan kesalahan lawan di kotak penalti.

“Saya sudah menyaksikan Man United dengan seksama musim ini dan menganalisa setiap penalti yang mereka dapat (11 penalti). Saya meyakini ada setidaknya lima penalti dari gerakan pemain Man United yang mengundang tekel lawan,” ujar Mark Clattenburg, dilansir dari Mirror, Kamis (14/1/2021).

“Marcus Rashford, Anthony Martial, Paul Pogba, dan Mason Greenwood, adalah pemain-pemain yang terlibat. Mereka, dalam beberapa cara, sungguh pintar. Sekali ada kontak dan penalti diberikan, VAR tidak mungkin membatalkan putusan itu,” sambung pria berkebangsaan Inggris tersebut.

Lebih lanjut, Mark Clattenburg juga menyoroti adanya perubahan perilaku pemain sepakbola di era VAR. Ia menuding pesepakbola kini lebih mudah menjatuhkan diri di area yang sering disebut wasit sebagai ‘zona mati’.

“Harus dicatat juga, banyak pemain kini lebih sering terjatuh di area yang disebut wasit sebagai zona mati di kotak penalti, sebuah posisi di mana mereka hanya punya kesempatan kecil untuk mencetak gol,” lanjut Mark Clattenburg.

Bruno Fernandes andal dalam eksekusi penalti (Foto: Reuters/Carl Recine)

Karena itu, wasit berusia 45 tahun tersebut justru menganggap Jurgen Klopp munafik. Sebab, pemain-pemain Liverpool juga sering memanfaatkan taktik serupa demi mendapatkan penalti.

“Dia terdengar seperti orang munafik karena menyebut pemain Man United berusaha mendapatkan penalti. Mo Salah dan (Sadio) Mane juga mampu menerapkan taktik serupa,” tutup Mark Clattenburg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini