Man United Menang atas Burnley, Solskjaer Soroti VAR

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 45 2343569 man-united-menang-atas-burnley-solskjaer-soroti-var-PPi2xtrSsm.JPG Wasit Kevin Friend melihat tayangan ulang di VAR (Foto: Reuters/Peter Powell)

BURNLEY – Kemenangan penting diraih Manchester United atas Burnley pada laga tunda Liga Inggris 2020-2021, Rabu (13/1/2021) dini hari WIB di Stadion Turf Moor. Kendati menang, Manajer Setan Merah Ole Gunnar Solskjaer punya catatan sendiri terhadap VAR.

Sejumlah insiden yang berkaitan dengan VAR memang mewarnai laga Burnley vs Man United. Insiden pertama melibatkan pelanggaran Luke Shaw pada menit terhadap Johan Gudmunsson di menit 27. Wasit Kevin Friend sempat melanjutkan pertandingan karena kontak tersebut cukup fair.

Sejurus kemudian, gantian Robbie Brady yang melanggar Edinson Cavani sedikit di luar kotak penalti. Kevin Friend mencabut kartu kuning dari sakunya untuk pelanggaran itu. VAR lantas melakukan intervensi karena ada kemungkinan Brady sebagai pemain terakhir hingga layak dikartu merah.

Baca juga: Hadapi Man United di Piala FA, Liverpool Dibayangi Rekor Buruk 100 Tahun

Robbie Brady menekel Edinson Cavani (Foto: Reuters/Peter Powell)

Tidak disangka, Kevin Friend justru membatalkan pelanggaran terhadap Cavani serta kartu kuning bagi Brady. Ia malah memberikan kartu kuning kepada Luke Shaw. Kontroversi berikutnya terjadi pada gol Harry Maguire di menit 36.

Kapten Man United itu sanggup menanduk umpan silang Bruno Fernandes guna menaklukkan Nick Pope. Sayangnya, VAR menilai Harry Maguire melakukan pelanggaran terhadap Erik Pieters dalam duel udara. Dua insiden itu mendapat komentar tajam dari Ole Gunnar Solskjaer.

Manajer berpaspor Norwegia itu mengakui mungkin saja Luke Shaw melakukan pelanggaran. Namun, untuk gol Harry Maguire yang dianulir, menurutnya sungguh tidak adil.

“Saya belum menonton (tayangan ulang) semuanya jadi tidak bisa benar-benar berkomentar. Mungkin Luke (Shaw) melakukan pelanggaran. Jadi, itu mungkin keputusan yang tepat,” ujar Ole Gunnar Solskjaer, disitat dari laman resmi Man United, Rabu (13/1/2021).

“Itu jelas bukan pelanggaran yang dilakukan Harry (Maguire). Jika Anda tidak bisa melompat dan menyundul seperti yang dilakukannya, saya tidak yakin itu pantas disebut pelanggaran,” sungut pria berusia 47 tahun itu.

Gol Harry Maguire dianulir (Foto: Reuters/Jon Super)

Beruntung, Man United mampu bangkit di babak kedua. Burnley dikurung nyaris sepanjang 45 menit pertandingan. Gol yang dicari-cari akhirnya datang pada menit 71 berkat sepakan voli Paul Pogba dari luar kotak penalti. Skor 1-0 sudah cukup untuk mengemas angka penuh dari markas lawan.

Tambahan tiga angka itu mengantar Iblis Merah ke puncak klasemen dengan nilai 36 sekaligus menggeser Liverpool. Kemenangan itu menjadi modal berharga sebelum bertandang ke Stadion Anfield pada pekan 18 Liga Inggris 2020-2021, Minggu 17 Januari malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini