Share

Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Netizen: Gol Pele 7482873829

Ramdani Bur, Okezone · Senin 11 Januari 2021 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 51 2342287 cristiano-ronaldo-pencetak-gol-terbanyak-sepanjang-masa-netizen-gol-pele-7482873829-KHVwhYEODh.jpg Cristiano Ronaldo saat adu tos dengan sang pelatih, Andrea Pirlo. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

TURIN Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa setelah mengemas satu bola saat Juventus menang 3-1 atas Sassuolo di lanjutan pekan ke-17 Liga Italia 2020-2021, Senin (11/1/2021) dini hari WIB. Menurut laman statistik Squawka, koleksi gol Cristiano Ronaldo di level profesional mencapai 759 gol!

Sebanyak 657 gol di dicetak bersama klub. Sebut saja lima bola bersama Sporting Lisbon, Manchester United (118), Real Madrid (450) dan Juventus (84). Sementara itu, 102 lainnya dicetak bersama Tim Nasional Portugal.

Cristiano Ronaldo

Menurut laman Squawka dan Bleacher Football, koleksi gol Cristiano Ronaldo menyamai penyandang pencetak gol terbanyak sepanjang masa sebelumnya. Josef Bican. Pria yang aktif sebagai pesepakbola selama 24 tahun itu (1931-1955), tercatat mengemas 759 gol, sama persis dengan jumlah gol Cristiano Ronaldo saat ini.

Melihat fakta di atas, netizen coba melontarkan candaan. Mereka menilai, jumlah gol Cristiano Ronaldo dan Josef Bicaf masih kalah dari pesepakbola legenda asal Brasil, Pele.

Cristiano Ronaldo

Koleksi gol Pele dinilai netizen menyentuh angka yang luar biasa. “Nah, gol Pele mencapai 7482873829,” tulis akun Instagram @chrisjmyoo.

Dalam satu minggu terakhir, nama Pele memang hangat dibicarakan. Bio di Instagram-nya, @pele, yang membuat pria 80 tahun itu menjadi bulan-bulanan netizen.

Ia menulis di Bio Instagram-nya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan koleksi 1.283 gol. Hanya saja, FIFA selaku Federasi Sepakbola Dunia tidak pernah menganggap jumlah gol Pele setinggi itu.

Dalam hitungan mereka, jumlah gol resmi Pele berada di angka 757 gol. Hal itu berarti, jumlah gol Pele masih kalah dari Cristiano Ronaldo. Namun, medio pekan lalu Pele enggan menghapus Bio Instagram-nya tersebut. Ia mengaku sudah menulis Bio tersebut sejak pertama kali membuat akun tersebut.

BACA JUGA: Samai Rekor Josef Bican, Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

“Saya dituduh pers telah mengubah bio Instagram saya untuk menutupi bintang-bintang besar yang memecahkan rekor saya. Bio itu selalu sama semenjak saya bergabung dengan platform ini,” tulis Pele di akun Twitter-nya, @pele.

Follow Berita Okezone di Google News

Jika mengacu kepada pengakuan Pele di atas, itu berarti ada 526 gol yang tidak dihitung FIFA, namun masuk ke dalam penghitungannya. Menurut FIFA jika laga tidak resmi juga dihitung, jumlah gol Pele juga masih kalah dari Josef Bican.

Pele

(Bio Instagram Pele)

“Legenda Brasil Pele memasukkan sejumlah gol yang dicetak dalam laga tidak resmi. Jika kami melakukan hal yang sama kepada Bican, jumlah golnya bisa mencapai 1.468 gol. Satu hal yang pasti, sulit memverikasi jumlah gol pasti, mengingat mereka bermain di era yang sangat-sangat lama,” tulis pernyataan FIFA.

Hanya saja, keabsahan Cristiano Ronaldo telah melewati rekor gol Josef Bican belum dikonfirmasi laman resmi FIFA, FIFA.com. Sebab, laman tersebut pernah menulis bahwa gol resmi Josef Bican mencapai 805 gol.

Karena itu jika merujuk data dari FIFA, Cristiano Ronaldo butuh 46 gol lagi untuk menyamai rekor gol Josef Bican. Hal itu berarti melihat rataan gol Cristiano Ronaldo yang cukup tinggi setiap musimnya, ia kemungkinan baru bisa melewati rekor gol Josef Bican medio musim depan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini