Alasan Pelatih Persib Robert Rene Alberts Minta Liga 1 2020 Dihentikan

Mujib Prayitno, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 49 2340301 alasan-pelatih-persib-robert-rene-alberts-minta-liga-1-2020-dihentikan-UWlsXCN72I.jpg Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Foto: Persib.co.id/Gregorius A.K)

BANDUNG - Masih belum jelasnya kelanjutan kompetisi Liga 1 akibat pandemi corona yang berkepanjangan, menyebabkan Persib Bandung mendesak federasi sepakbola indonesia, PSSI, untuk menghentikan perhelatan kompetisi Liga 1 2020. Persib mendesak PSSI untuk mengalihkan perhatian dengan fokus mempersiapkan kompetisi Liga 1 2021.

Masih belum turunnya izin kepolisian terkait kelanjutan Liga 1 2020 akibat masih berlangsungnya pandemi corona, menyebabkan Persib Bandung angkat bicara. Ditemui usai menggelar pertemuan dengan staff pelatih di gedung graha persib di kawasan sulanjana Kota Bandung, pelatih Maung Bandung, Robert Alberts, mengaku dihentikannya Liga 1 selama nyaris 1 tahun akibat pandemi corona dinilai cukup mengganggu klub peserta liga termasuk Persib.

Robert Rene

(Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Foto: Persib.co.id)

Selain mendesak PSSI untuk tidak memaksakan kembali menggulirkan kompetisi Liga 1 2020, Robert Alberts juga meminta federasi sepakbola indonesia tersebut untuk fokus mempersiapkan kompetisi Liga 1 2021.

Robert Alberts mengaku persiapan Liga 1 indonesia musim depan akan menyebabkan klub peserta liga memiliki kejelasan terkait kontrak ulang pemain serta melakukan jadwal latihan.

Hal tersebut dinilai Robert Alberts dapat memecahkan permasalahan PSSI yang hingga kini berencana untuk kembali menggelar Liga 1 2020 pada februari mendatang. Robert Alberts mengaku ketidakjelasan kompetisi akibat pandemi corona berimbas negatif pada pemain serta staff pelatih seluruh klub di indonesia.

BACA JUGA: Liga 1 Tak Kunjung Bergulir, Pelatih Persib: Kami Korban Kebijakan Sepakbola Indonesia

“Situasinya sekarang cukup mengganggu karena tidak ada liga. Jangan lagi berpikir untuk melanjutkan liga 2020," kata robert saat ditemui di Graha Persib.

"Sudah hampir satu tahun (tertunda) dan melanjutkan kembali liga yang tertunda setahun itu tidak masuk akal. Ada baiknya mereka (PSSI dan PT LIB) mulai fokus untuk mempersiapkan liga 2021," lanjut pelatih yang membawa Arema FC juara Liga Indonesia 2009-2010 tersebut.

Persib Bandung

(Persib puncaki klasemen sementara sebelum kompetisi Liga 1 2020 ditangguhkan)

Selain tidak memiliki motivasi berlatih, ketidakjelasan kompetisi juga mengakibatkan pemain dan staf pelatih mengalami depresi akibat masalah keuangan.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bakal mengadakan rapat komite eksekutif (Exco) pertengahan bulan ini. Hal yang dibahas adalah soal kelanjutan kompetisi.

"Terkait kompetisi dalam hal ini Liga 1 dan 2 yang belum jalan, rapat Komite Eksekutif (Exco) terakhir memutuskan liga rencana akan diputar oleh PT LIB di bulan Februari 2021. Situasi terkini Covid-19 akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa dijalankan atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian. Untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit,”kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI.

"Untuk itu, PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," tambah Yunus.

"Namun, semua kembali ke kepolisian karena izin pada mereka. Jika kepolisian tidak mengeluarkan izin, kita tidak bisa apa-apa. Kita wajib tunduk dan patuh pada aturan,” tutup Yunus Nusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini