Share

Stopping dalam Sepakbola, Teknik Efektif Menghentikan Bola

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 51 2335624 teknik-dasar-stopping-dalam-sepakbola-EOM1GH04jk.jpg Frenkie de Jong menghentikan bola sembari melayang (Foto: UEFA)

STOPPING dalam sepakbola merupakan teknik agar pemain dapat menghentikan bola dengan efektif. Dengan teknik stopping yang efektif, maka tim bakal mampu membangun pertahanan dan serangan yang efektif. 

Dalam sepakbola dikenal teknik stopping atau dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, menghentikan bola. Teknik ini sangat berguna ketika seorang pemain hendak menerima umpan dari rekannya, baik datar, mau pun lambung.

Sentuhan kala menerima hingga menghentikan bola sangat krusial dalam permainan. Andai tidak mampu menerima bola dengan baik, maka lawan sudah siap mencuri. Skema serangan yang dibangun tentu saja buyar begitu saja.

Baca juga: Sejak 2018, Man United Belum Pernah Menang atas Wolverhampton di Liga Inggris

Salah satu teknik stopping bola (Foto: AC Milan)

Karena itu, penting bagaimana memahami teknik dasar stopping bola, baik dengan kaki, bahu, mau pun dada. Berikut beberapa tips berguna untuk mempraktikkan teknik tersebut.

Jika hendak menghentikan bola dengan kaki, baik bagian dalam, luar, mau pun punggung, mata serta tubuh harus menghadap arah datangnya bola. Pusatkan pandangan ke arah laju bola. Bila hendak memanfaatkan kaki bagian dalam, tarik sedikit kaki ke belakang mengikuti arah bola saat mengenai kaki bagian dalam. Cara itu berguna untuk menghentikan laju bola.

Apabila ingin menghentikan bola dengan kaki luar, tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, terutama saat bola menyentuh kaki bagian luar. Usahakan agar kaki mengenai bagian tengah bola agar berhenti dengan sempurna.

Sedangkan untuk menghentikan bola menggunakan telapak kaki, pemain harus menyambut datangnya bola dengan telapak kaki dibuka. Kemudian, telapak kaki ditarik ke belakang bersamaan dengan datangnya bola.

Bila ingin menggunakan paha, pemain harus memperhatikan bola yang melayang di udara dengan cermat. Tempatkan tubuh di bawah datangnya bola dengan posisi seimbang. Angkat salah satu kaki untuk menghentikan bola, sementara lutut ditekuk hingga bidang datar. Setelah diterima, jatuhkan bola di antara kedua kaki.

Lionel Messi berlatih (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Terakhir, teknik menghentikan bola dengan menggunakan dada. Untuk menggunakan teknik ini, pemain harus memastikan badan dalam posisi seimbang. Lalu, bagian dada terbuka lebar, sementara tangan membuka dengan lebar. Tahan bola di dada dengan sedikit menarik dada ke belakang saat bola menyentuh dada, dan jatuhkan di antara kedua kaki.

Teknik-teknik tersebut perlu dipraktikkan dengan baik di lapangan. Agar semakin mahir, jangan lupa terus diasah dalam latihan rutin. Ingat, semakin rajin berlatih akan semakin mahir menguasai teknik-teknik dalam sepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini