Sebelum Jadi Pemain Terbaik FIFA 2020, Lewandowski pun Pernah Terpuruk

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 51 2330215 sebelum-jadi-pemain-terbaik-fifa-2020-lewandowski-pun-pernah-terpuruk-IiEqwVdHuc.jpg Robert Lewandowski (Foto: Twitter/@Bundesliga_EN)

MUNICH – Pemain Bayern Munich, Robert Lewandowski, memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2020. Lewandowski mengalahkan dua pesepakbola hebat lainnya, yaitu Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Lionel Messi (Barcelona).

Namun, Lewandowski ternyata pernah terpuruk sebelum meraih penghargaan individu tertinggi di dunia sepakbola itu. Melansir dari BBC, titik terendah karier pemain asal Polandia itu terjadi saat dirinya masih belia.

Robert Lewandowski (Foto: Reuters)

Ketika baru bergabung ke salah satu klub profesional Polandia, Legia Warsaw, dari Delta Warsaw pada bursa transfer musim panas 2005, Lewandowski sedang tertimpa musibah. Ayah Lewandowski, Krzysztof, meninggal dunia.

Meski awal karier di Warsaw diwarnai musibah, Lewandowski tetap berusaha memberikan yang terbaik. Lewandowski, yang saat itu berumur 17 tahun, sayangnya menderita cedera sehingga kariernya pun terhambat.

BACA JUGA: Jadi Pemain Terbaik FIFA 2020, Lewandowski Senang Sejajar dengan Dua GOAT

Cedera membuat peforma Lewandowski sulit berkembang. Warsaw pun menjual Lewandowski ke Znichz Pruszkow semusim berselang. Pruszkow membeli Lewandowski dengan sangat murah, yaitu seribu poundsterling (sekira Rp20 juta).

Selain dibeli dengan murah, Lewandowski pun menerima gaji yang terhitung kecil. Pemain asal Polandia itu hanya menerima 230 pounds (sekira Rp4 juta) per bulan dari Pruszkow.

Meski begitu, Lewandowski tidak berputus asa. Pemain berumur 32 tahun itu menunjukkan ketajamannya bersama Pruszkow. Pada musim debutnya, Lewandowski mencetak 15 gol sekaligus membawa Pruszkow naik ke divisi dua.

Setelah itu, performa Lewandowski terus meningkat. Peningkatan performa Lewandowski mengundang ketertarikan Lech Poznan. Salah satu klub besar Liga Polandia itu pun merekrut Lewandowski pada musim panas 2008.

Robert Lewandowski (Foto: Reuters)

Lewandowski berseragam Poznan selama dua musim dengan torehan 41 gol dan 20 assist. Dia juga membantu Poznan meraih tiga trofi domestik Polandia.

Penampilan apik Lewandowski membuat Borussia Dortmund kepincut sehingga rela membayarnya dari Poznan pada musim panas 2010. Setelah itu, karier Lewandowski melejit hingga bergabung ke Bayern pada musim 2014-2015.

Lewandowski total sudah meraih 22 trofi hingga sekarang. Dia pun sudah membuat 429 gol dan 125 assist sepanjang kariernya. Setelah tampil luar biasa pada musim 2019-2020, Lewandowski pun menjadi Pemain Terbaik FIFA 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini