8 Penghargaan yang Diperebutkan di The Best FIFA Football Award 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 51 2329640 8-penghargaan-yang-diperebutkan-di-the-best-fifa-football-award-2020-lHE0RvQUkj.jpg Lionel Messi, Robert Lewandowski, dan Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@championsleague)

ZURICH – Induk sepakbola dunia (FIFA) bakal menggelar lagi ajang penganugerahan untuk para insan berbakat di dunia sepakbola. Ajang yang diberi nama The Best FIFA Football Award 2020 itu akan menghadirkan total delapan penghargaan.

Masing-masing kategori sendiri diketahui memiliki tiga nominasi. Nama-nama insan yang masuk nominasi itu pun telah diumumkan FIFA sejak Rabu 25 November 2020 dan terus mengalami pengurangan hingga tersisa tiga terbaik.

Dari delapan kategori penghargaan yang diperebutkan, satu yang paling mendapat sorotan adalah Pemain Pria Terbaik. Penghargaan ini akan diperbutkan tiga penyerang pemain di dunia, yakni Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Juventus), dan juga Robert Lewandowski (Bayern Munich).

Robert Lewandowski

Selain Pemain Pria Terbaik, ada juga kategori penghargaan Kiper Pria Terbaik. Untuk kategori ini, tiga nama yang masuk nominasi ialah Alisson Becker (Liverpool), Manuel Neuer (Bayern Munich), dan Jan Oblak (Atletico Madrid).

BACA JUGA: Daftar Pemain Terbaik FIFA dari 1991-2019, Siapa Dominan?

Kategori ketiga di The Best FIFA Football Award 2020 adalah Pelatih Pria Terbaik. Penghargaan ini akan diperebutkan oleh Marcelo Bielsa (Leeds United), Hans-Dieter Flick (Bayern Munich), dan Jurgen Klopp (Liverpool).

Berikutnya, ada juga kategori Pemain Perempuan Terbaik. Tiga nama pemain yang masuk nominasi penghargaan ini ialah Lucy Bronze, Pernille Harder, serta Wendie Renard.

Kategori penghargaan kelima adalah Pelatih Perempuan Terbaik yang akan diperebutkan oleh Emma Haye, Jean-Luc Vasseur, dan Sarina Wirgman. Keenam, ada kategori Kiper Perempuan Terbaik yang penghargaannya akan diperebutkan oleh Sarah Bouhaddi, Christiane Endler, dan Alyssa Naeher.

Ketujuh, ada juga penghargaan bertajuk FIFA Puskas Award. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang dinilai memilih gol terindah di sepanjang tahun penghargaan. Salah satu pemain yang masuk nominasi dalam penghargaan ini ialah Giorgian De Arrasceante dari Flamengo untuk golnya kala menghadapi Ceara liga utama Brasil pada 25 September 2019.

Kemudian, ada juga nama Son Heung-min dari Tottenham Hotspur. Golnya ke gawang Burnley dalam Liga Inggris 2019-2020 pada 7 Desember 2019 dianggap jadi salah satu yang terindah hingga membawa namanya bersaing untuk penghargaan Puskas Award.

Son Heung-min

Terakhir, ada nama Luis Suarez. Gol indahnya di musim terakhir membela Barcelona membawa Suarez masuk nominasi. Gol itu tepatnya dirangkan Suarez dalam laga Barcelona vs Mallorca pada 7 Desember 2019 dalam lanjutan Liga Spanyol 2019-2020.

Penghargaan kedelapan atau yang terakhir adalah Fans Terbaik. Dari namanya tentu sudah diketahui bahwa penghargaan ini didedikasikan untuk penggemar terbaik di sepanjang 2020. Ada tiga nama yang akan memperebutkan penghargaan ini, yakni James Anderson, Colombian Fans, dan Marivaldo Francisco da Silva.

Berikut delapan penghargaan yang diperebutkan di The Best FIFA Football Award 2020:

Pemain Pria Terbaik: Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski

Kiper Pria Terbaik: Alisson Becker, Manuel Neuer, dan Jan Oblak

Pelatih Pria Terbaik: Marcelo Bielsa, Hans-Dieter Flick, dan Jurgen Klopp

Pemain Perempuan Terbaik: Lucy Bronze, Pernille Harder, serta Wendie Renard.

Pelatih Perempuan Terbaik: Emma Haye, Jean-Luc Vasseur, dan Sarina Wirgman

Kiper Perempuan Terbaik: Sarah Bouhaddi, Christiane Endler, dan Alyssa Naeher

Puskas Award: Giorgian De Arrasceante, Son Heung-min, dan Luis Suarez

Fans Terbaik: James Anderson, Colombian Fans, dan Marivaldo Francisco da Silva

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini