Ternyata Noah Gesser Takkan Sepenuh Hati Penuhi Panggilan Timnas Indonesia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 51 2324766 ternyata-noah-gesser-takkan-sepenuh-hati-penuhi-panggilan-timnas-indonesia-6Jx0G9cB7a.jpg Noah Gesser tidak sepenuh hati memenuhi panggilan Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@noah_gesser)

AMSTERDAM – Niat Noah Gesser untuk membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia di level junior ternyata tidak benar-benar tulus. Striker klub Ajax Amsterdam U-16 itu tetap membuka peluang untuk dipanggil Timnas Belanda di kelompok umur.

Seperti diketahui, PSSI sempat mewacanakan memanggil pemain-pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-16 dan U-19. Kehadiran para pemain keturunan, terutama yang berlaga di Eropa, tersebut diharapkan dapat mengatrol prestasi Garuda Muda.

Salah satu yang digadang-gadang akan dipanggil adalah Noah Gesser. Pemain berusia 15 tahun itu cukup tajam kala tampil bersama Ajax Amsterdam di tim junior. Dalam tujuh pertandingan musim ini, ia mampu mengukir 11 gol dan untuk sementara menjadi top skor.

Baca juga: Noah Gesser, si Calon Ujung Tombak Timnas Indonesia U-16

Aksi Noah Gesser

Dalam video di akun Youtube Yussa Nugraha, Noah Gesser mengaku akan mengapresiasi pemanggilan dari PSSI. Ia mengklaim, jika panggilan itu datang sekarang, dirinya akan langsung memenuhi.

“Kalau mereka memanggil, saya akan sangat mengapresiasi. Bahkan, jika itu terjadi sekarang, kemungkinan aku akan datang,” papar Noah Gesser, Rabu (9/12/2020).

Lebih lanjut, Noah malah secara terang-terangan menyebut pilihan membela Timnas Indonesia di level usia tidak akan permanen. Sebab, dirinya masih mengintip peluang untuk dapat dipanggil oleh Timnas Belanda.

“Belum ada undangan dari PSSI. Jika ada, tentu saya akan datang. Akan tetapi, itu mungkin tidak menjadi pilihan permanen karena saya juga masih bisa bermain untuk Timnas Belanda,” sambung pemain yang memiliki ibu berdarah Indonesia itu.

Kans Noah Gesser membela Timnas Belanda memang belum sepenuhnya tertutup. Sejauh ini, ia sudah pernah dipanggil untuk seleksi Timnas Belanda U-15, tetapi paling banter hanya masuk daftar tunggu. Karena itu, mungkin saja Noah masih penasaran.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

Membela Timnas Indonesia di level U-16 atau U-19 memang belum menjamin Noah Gesser akan terus berkostum merah putih. Menurut aturan FIFA, berpindah warga negara selama belum membela timnas di level senior memang masih memungkinkan.

Hal tersebut cukup sering terjadi di kancah sepakbola internasional. Ambil contoh Wilfried Zaha yang di level junior membela Timnas Inggris, tetapi memilih berkostum Timnas Pantai Gading di level senior. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini