Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 51 2323502 hasil-undian-kualifikasi-piala-dunia-2022-zona-eropa-8Zg6uukNeD.jpg Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018 (Foto: FIFA)

ZURICH – Undian untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa baru saja dilangsungkan di Zurich oleh FIFA. Berbeda dengan kualifikasi sebelumnya yang hanya sembilan, kali ini terdapat 10 grup.

Dari 10 grup yang sudah dibagi, persaingan paling sengit nampaknya akan terjadi di Grup D. Pasalnya, grup ini dihuni oleh negara-negara yang memiliki kekuatan cukup menjanjikan seperti Prancis, Ukraina, Finlandia, Bosnia Herzegovina, dan Kazakhstan.

Sebagaimana diketahui, Prancis merupakan juara Piala Dunia 2018 dan hingga sekarang masih menjadi salah satu yang terbaik di Eropa. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya di Grup D, Les Bleus tentunya difavoritkan untuk keluar sebagai pemuncak klasemen.

Baca juga: Daftar Nominasi Pemain Terbaik FIFA 2020, Liverpool Sumbang Empat Nama

Timnas Prancis

Meski begitu, Ukraina, Finlandia, dan Bosnia Herzegovina bukanlah negara-negara yang bisa diremehkan. Meski mereka masih berada satu level di bawah Prancis, namun negara-negara tersebut kerap membuat kejutan.

Ukraina misalnya, sejak ditangani oleh Andriy Shevchenko, mereka seperti mendapatkan daya ledaknya kembali. Sebanyak 12 pertandingan pernah mereka lakoni tanpa kekalahan, termasuk saat menumbangkan Timnas Portugal musim lalu.

Selain Grup D, persaing cukup seru nampaknya juga akan tersaji di Grup G. Di grup ini tergabung Belanda, Turki, Norwegia, Montenegro, Latvia, dan Gibraltar.

Turki dan Norwegia pasalnya memiliki pemain-pemain yang kini mulai banyak membela klub besar Eropa. Turki memiliki Caglar Soyuncu (Leicester City), Hakan Calhanoglu (AC Milan), Merih Demiral (Juventus), Ozan Kabak(Schalke 04), hingga yang sedang naik daun seperti Yusuf Yazici (LOSC Lille).

Sementara itu, Norwegia dihuni oleh pemain-pemain muda potensial yang saat ini menyorot masyarakat dunia seperti Erling Haaland (Borussia Dortmund), Martin Odegaard (Real Madrid), hingga Jens Petter Hauge (AC Milan). Tentunya akan menarik melihat perjuangan mereka melawan tim besar seperti Belanda.

Timnas Belanda

Persaingan yang cukup merata bisa dibilang terjadi di Grup H. Karena grup ini diisi oleh Kroasia, Slovakia, Rusia, Slovenia, Siprus, dan Malta. Empat tim yang disebutkan pertama bisa dikatakan memiliki kekuatan yang hampir setara.

Berikut daftar lengkap hasil kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa:

Grup A: Portugal, Serbia, Republik Irlandia, Luksemburg, Azerbaijan

Grup B: Spanyol, Swedia, Yunani, Georgia, Kosovo

Grup C: Italia, Swiss, Irlandia Utara, Bulgaria, Lithuania

Grup D: Prancis, Ukraina, Finlandia, Bosnia Herzegovina, Kazakhstan

Grup E: Belgia, Wales, Republik Ceko, Belarusia, Estonia

Grup F: Denmark, Austria, Skotlandia, Israel, Kepulauan Faroe, Moldova

Grup G: Belanda, Turki, Norwegia, Montenegro, Latvia, Gibraltar

Grup H: Kroasia, Slovakia, Rusia, Slovenia, Siprus, Malta

Grup I: Inggris, Polandia, Hungaria, Albania, Andorra, San Marino

Grup J: Jerman, Rumania, Islandia, Makedonia Utara, Armenia, Lichtenstein

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini