Arteta Sambut Positif Kehadiran Kembali 2.000 Pendukung Arsenal

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 51 2321485 arteta-sambut-positif-kehadiran-kembali-2-000-pendukung-arsenal-d4vYw1qYKH.JPG Mikel Arteta bertepuk tangan ke arah penggemar (Foto: Reuters/Dylan Martinez)

LONDON – Kehadiran kembali para penonton di tribun Stadion Emirates membuat Manajer Arsenal Mikel Arteta bergembira. Sekali pun hanya 2.000 orang yang menyaksikan laga melawan Rapid Wina di fase grup Liga Eropa 2020-2021, itu saja sudah cukup membuat perbedaan.

Seiring dengan perubahan aturan dari Pemerintah Inggris, stadion-stadion di London boleh kembali dihadiri penonton. Dilansir dari The Sun, Jumat (4/12/2020), sedikitnya 2.000 orang penonton hadir di Stadion Emirates kala Arsenal membantai Rapid Vienna 4-1.

Sesuai aturan, stadion yang terdapat di wilayah-wilayah Tier 2 dalam penanganan kasus virus Corona, boleh diisi maksimal 50% dari kapasitas tempat duduk atau 2.000 penonton, tergantung mana yang lebih rendah. Stadion Emirates sendiri memiliki kapasitas 60.260 tempat duduk.

Baca juga: Selain Penggemar, Arsenal Sambut Kembalinya Gunnersaurus

Sedikitnya 2.000 orang saksikan laga antara Arsenal vs Rapid Wina (Foto: Reuters/Dylan Martinez)

Hadirnya 2.000 penonton itu disambut baik oleh Mikel Arteta. Sekali pun dirinya tidak mendengar nyanyian suporter karena fokus memperhatikan laga, hal tersebut dinilai positif. Ia mengapresiasi kehadiran ribuan suporter tersebut karena bisa memberi perbedaan besar.

“Saya terlalu fokus pada pertandingan sheingga tidak mendengar atau memahami nyanyian suporter. Namun, itu membuat perbedaan yang besar, sejujurnya, meski hanya 2.000 orang,” papar Mikel Arteta, sebagaimana dimuat laman resmi Arsenal, Jumat (4/12/2020).

“Kehadiran 2.000 orang itu sangat positif untuk tim. Energi yang dihadirkan para suporter di tengah momen sulit sangat diapresiasi oleh kami,” imbuh manajer berkebangsaan Spanyol tersebut.

Entah berpengaruh atau tidak, hadirnya suporter membuat Arsenal bisa bermain lepas. Mereka sanggup menghajar Rapid Wina dengan skor telak 4-1 meski sudah memastikan lolos ke babak 32 besar Liga Eropa 2020-2021 sejak pekan lalu.

Selain suporter, ada satu sosok lainnya yang ikut hadir, yakni Gunnersaurus. Maskot klub berbentuk dinosaurus berwarna hijau itu kembali terlihat di pinggir lapangan. Ia menjalankan tugas seperti biasa, yakni menyambut pemain keluar dari ruang ganti, plus menyapa para suporter.

Alexandre Lacazette merayakan gol (Foto: Reuters/Dylan Martinez)

Hadirnya ribuan penggemar itu diikuti dengan kembalinya Gunnersaurus ke pinggir lapangan. Sambutan meriah diberikan oleh Gooners –julukan penggemar Arsenal- kepada maskot klub itu ketika diumumkan oleh announcer stadion. Nyanyian ‘Hanya ada satu Gunnersaurus’ pun menggema di seantero Stadion Emirates.

Itu menjadi bukti cinta para pendukung Arsenal terhadap Gunnersaurus. Maskot yang diperankan oleh Jerry Qui tersebut nyaris saja dipecat oleh manajemen pada Oktober lalu dengan alasan efisiensi biaya. Setelah muncul desakan dari berbagai pihak, Gunnersaurus pun dipertahankan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini