4 Pengganti Ryuji Utomo di Persija Jakarta

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 49 2321296 4-pengganti-ryuji-utomo-di-persija-jakarta-t2MJpZCbdu.jpg Ryuji Utomo. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA - Bek tengah Persija Jakarta, Ryuji Utomo resmi berseragam klub Malaysia, Penang FC pada Selasa 1 Desember 2020. Ryuji berlabuh ke klub Liga Malaysia itu dengan status pemain pinjaman selama semusim hingga Desember 2021 mendatang.

Kepergian Ryuji meninggalkan kekosongan di lini pertahanan Persija. Kondisi ini tidak akan membuat tim berjuluk, Macan Kemayoran itu, kesulitan mencari pemain pengganti. Pasalnya, ada beberapa pemain Persija yang siap mengisi posisi Ryuji.

Foto/Persija Jakarta

Opsi pertama adalah bek senior, Maman Abdurahman. Maman dapat diduetkan dengan Otavio Dutra sebagai palang pintu. Kemampuan Maman tak usah diragukan lagi karena ketenangan dan pengalamannya dapat dimaksimalkan oleh Persija.

Baca juga: Tambah Persija, Tujuh Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC 

Nama berikutnya adalah Tony Sucipto. Pemain serba bisa ini dapat diandalkan sebagai bek tengah. Melansir laman Persija, Kamis (4/12/2020) Tony pada musim lalu mencatatkan 34 penampilan dengan beberapa di antaranya menjadi bek tengah.

Ketiga Hamra Hehanussa. Tahun ini adalah momentum yang tepat bagi adik kandung Rezaldi Hehanussa ini naik status. Musim lalu dirinya sudah menjalani debutnya sebagai pemain senior Persija dengan melawan Persela.

Terakhir adalah Muhammad Ferrari. Pemain kelahiran Jakarta 21 Juni 2003 tersebut menjadi salah satu pemain yang menembus tim senior tahun ini.

Ryuji mengungkapkan alasannya menerima pinangan Penang FC. Salah satunya ingin bermain secara reguler.

Sebagaima diketahui, kelanjutan Liga 1 2020 belum jelas. Operator liga, PT Liga Indonesia Baru dan PSSI tidak mendapatkan izin dari kepolisian untuk menyelanggarakan kompetisi. Alasannya, kasus virus corona masih tinggi.

Liga 1 2020 dihentikan pada Maret 2020 silam. Awalnya, liga akan dilanjutkan pada Oktober lalu, namun diundur pada November. Kemudian akan dilanjutkan pada Januari tahun depan. Nama Liga 1 pun berubah, menjadi Liga 1 2020-2021.

Ketidakjelasan Liga 1 membuat Ryuji menerima Penang FC. Pemain berusia 25 tahun mengatakan bahwa sebagai pesepakbola harus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Saya sebagai pemain sepakbola profesional, saya tentu ingin berkompetisi secara reguler dan juga mencari ilmu karena karier sepakbola tidak banyak, jadi tentu harus mencari jam terbang sebanyak-banyaknya, pengalaman dan terur belajar,” tuturnya kepada Channel YouTube Persija, yang dikutip Rabu (2/12/2020)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini