Tak Ada Alisson Becker, Caoimhin Kelleher Hadir sebagai Penyelamat Liverpool

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 261 2319981 tak-ada-alisson-becker-caoimhin-kelleher-hadir-sebagai-penyelamat-liverpool-ys2oeBoDxt.jpg Caoimhin Kelleher (Foto: UEFA)

LIVERPOOL Liverpool memetik kemenangan dengan skor 1-0 saat menjamu Ajax Amsterdam di matchday kelima babak penyisihan Grup D Liga Champions 2020-2021. Dalam pertandingan ini, penjaga gawang muda Liverpool, Caoimhin Kelleher, tampil sebagai bintang.

Liverpool sejatinya tidak bisa menurunkan penjaga gawang utama mereka, Alisson Becker, di pertandingan melawan Ajax. Sebab, penjaga gawang berpaspor Brasil itu mengalami cedera hamstring saat tampil di ajang Liga Inggris melawan Brighton & Hove Albion akhir pekan lalu.

Maka dari itu, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp pun menunjuk Kelleher untuk mengawal gawang The Reds. Liverpool sebenarnya masih memiliki Adrian yang berstatus sebagai penjaga gawang kedua. Akan tetapi, Klopp nyatanya ingin memberikan kesempatan kepada Kelleher untuk unjuk gigi.

Baca juga: Liverpool Sikat Ajax, tapi Robertson dan Henderson dalam Bayang-Bayang Cedera

Caoimhin Kelleher

“Menurut saya, Adrian melakukan pekerjaan luar biasa untuk kami ketika dia datang musim lalu, awal musim ini, dia terus saya tidak tahu berapa banyak clean sheet yang ia buat. Final Piala Super Eopa, Liga Champions, ia dimainkan dimana-mana,” ujar Klopp kepada BT Sport.

“Tapi sekarang, dalam laga ini, kami membutuhkan kiper yang memiliki kemampuan memainkan bola. Dan karena dia juga seorang kiper yang sangat bagus dalam menghentikan tembakan. Kami telah membuat keputusan itu,” jelas manajer asal Jerman tersebut.

Perjudian Klopp ini pun membuahkan hasil yang memuaskan. Meski pertandingan melawan Ajax tersebut merupakan laga debut Kelleher di tim utama Liverpool, namun penjaga gawang 22 tahun itu mampu mencatatkan performa gemilang.

WhoScored mencatat bahwa Kelleher melakukan empat penyelamatan di pertandingan semalam. Beberapa di antaranya terjadi di babak pertama, yakni saat membendung sepakan Noussair Mazraoui dan mementahkan sundulan Klaas-Jan Huntelaar.

Aksinya tersebut membuat gawang The Reds tetap suci hingga akhir pertandingan. Mengingat Liverpool hanya menang 1-0, maka penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan oleh Kelleher menjadi semakin berarti. Tak ayal, ia pun mendapat banyak sanjungan.

Klopp dan Kelleher

“Caoimhin pantas mendapatkannya (debut di Liga Champions) semalam. Kami membutuhkan paketnya (kemampuan Kelleher),” ujar Klopp.

“Dia (Kelleher) adalah pesepakbola top dan kami membutuhkan ini (kemampuan Kelleher) karena tekanan Ajax. Saya cukup yakin dia akan tidur dengan sangat nyenyak atau tidak sama sekali! Mudah-mudahan dia menikmati keduanya,” pungkas sang manajer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini