5 Alasan Cristiano Ronaldo Layak Raih Trofi Pemain Terbaik FIFA 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 51 2319392 5-alasan-cristiano-ronaldo-layak-raih-trofi-pemain-terbaik-fifa-2020-O3Ur5LfgI7.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

MESKI penghargaan Ballon d’Or 2020 ditiadakan karena pandemi Virus Corona (Covid-19), namun FIFa tetap menyelenggarakan pemilihan Pemain Terbaik. Adapun salah satu nama yang masuk ke dalam daftar nominasinya adalah megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Saat ini, Ronaldo sendiri sudah berusia 35 tahun dan sering dipandang oleh banyak orang bahwa masa keemasannya telah habis. Padahal, pemain berjuluk CR7 itu masih mampu menampilkan permainan di level tertinggi. Berikut ini adalah lima alasan Cristiano Ronaldo layak meraih trofi Pemain Terbaik FIFA 2020:

5. Performa yang luar biasa di klub

Cristiano Ronaldo

Meski sudah tidak lagi muda, namun Cristiano Ronaldo nyatanya masih menjadi sosok penting di tim yang dibelanya. Tercatat, pada musim kompetisi 2019-2020, CR7 mampu membukukan 37 gol untuk Juventus dari 46 kali bertanding.

Torehan tersebut menjadikan Ronaldo sebagai pemain Juventus yang paling banyak mencetak gol dalam satu musim sepanjang sejarah klub. Sementara itu, di sepanjang musim 2020-2021, Ronaldo telah melesakkan sembilan gol dari tujuh kali bertanding.

4. Ciptakan rekor di Timnas

Cristiano Ronaldo

Penampilan gemilang Ronaldo sejatinya tidak hanya ia tampilkan di level klub, namun juga bersama Timnas Portugal. Pada saat jeda internasional beberapa waktu lalu, Ronaldo berhasil mencetak beberapa gol. Kini Ronaldo pun telah membukukan 102 gol untuk Timnas Portugal.

Catatan tersebut membuat Ronaldo sebagai pesepakbola Eropa yang mampu mencetak 100 gol di level internasional (timnas). Saat ini, Ronaldo hanya tertinggal tujuh gol dari Ali Daei, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level internasional.

3. Tampil sebagai pembeda

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah sosok krusial di Juventus saat ini. Sebab, kehadirannya di atas lapangan sangat menentukan performa dan hasil Bianconeri. Salah satunya bisa dilihat di ajang Liga Champions. Sejak membela Juve, CR7 telah tujuh kali tampil di fase gugur Liga Champions dan dalam setiap laga ia selalu mencetak gol.

Begitu pun yang terjadi di ajang Liga Italia. Musim lalu, Juve sebenarnya agak kesulitan untuk menampilkan performa bagus, namun Ronaldo selalu hadir sebagai pembeda dengan melesakkan gol-gol, yang tak jarak menghasilkan kemenangan. Pada akhirnya, Juve pun menjuarai Liga Italia musim lalu dengan Ronaldo mencetak 31 gol.

2. Menyetujui pemotongan gaji

Cristiano Ronaldo dan Andrea Pirlo

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejatinya menyebabkan klub-klub sepakbola mengalami kerugian, tak terkecuali Juventus. Maka dari itu, untuk menstabilkan kondisi keuangan mereka kembali, banyak klub yang mengambil kebijakan untuk melakukan pemotongan gaji.

Banyak pemain yang tidak setuju dengan hal ini. Akan tetapi, Ronaldo dengan kebesaran hatinya justru tidak mempermasalahkan pemotongan gaji ini. Bisa dibilang, Ronaldo menempatkan kepentingan klub di atas kepentingan pribadinya sendiri.

1. Ikut berkontribusi dalam memerangi Covid-19

Cristiano Ronaldo

Selain setuju dengan pemotongan gaji yang dilakukan Juventus, Cristiano Ronaldo juga memberikan bantuan langsung dalam memerangi Covid-19. Mantan penggawa Real Madrid dan Manchester United itu dilaporkan menyumbangkan ventilator ke rumah sakit di kota asalnya, Madeira.

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga menyumbang 1 juta euro ke rumah sakit di Lisbon dan Porto untuk pembelian peralatan ICU. Hal ini membuktikan bahwa Ronaldo adalah seorang bintang, baik di atas maupun di luar lapangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini