Edinson Cavani Terancam Diselidiki FA Gegara Komentar Rasial

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 45 2318780 edinson-cavani-terancam-diselidiki-fa-gegara-komentar-rasial-tOVZ3BGTpu.jpg Edinson Cavani. (Foto/Reuters)

MANCHESTER – Penyerang Manchester United, Edinson Cavani terancam diselidiki Federasi Sepakbola Inggris (FA). Langkah penyelidikan dilakukan setelah penyerang asal Uruguay itu menggunakan istilah rasial di akun Instagram-nya.

Laporan BBC yang dikutip Senin, (30/11/2020), Cavani membalas ucapan selamat dari pengikutnya di Instagram. Dia menggunakan ungkapan Spanyol “negrito”. Bila diterjemahkan, kata tersebut berarti “hitam”. Cavani sendiri sudah menghapus komentarnya tersebut.

Foto/Reuters

Kasus serupa pernah terjadi pada kompatriotnya, Lusi Suarez kepada eks bek Manchester United. Suarez—eks pemain Liverpool—didenda 40 ribu paun dan dihukum larangan bermain delapan pertandingan akibat melontarkan ungkapan rasis tersebut kepada Evra.

Baca juga: Main Gemilang, Cavani Tetap Kena Tegur Solskjaer

Sementara itu, Man United membela pemain mereka. Klub menjelaskan bahwa Cavani tidak bermaksud melecehkan secara rasial dan istilah yang digunakan Edinson Cavani memiliki arti yang berbeda di Uruguay, negara asal Cavani.

Sebelumnya, FA telah mengeluarkan pedoman menjelang Liga Inggris musim ini. Federasi melarang bahasa dan perilaku rasial serta diskriminatif di media sosial. Para pemain yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa minimal larangan bermain tiga pertandingan.

Cavani bermain gemilang

Edinson Cavani sendiri bermain gemilang saat membantu Manchester United meraih kemenangan dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021 dengan mengalahkan Southampton. Penyerang asal Uruguay itu mencetak dua gol dan satu assist yang membawa Man United menang dengan skor 3-2 pada Minggu 29 November 2020.

Man United dalam laga itu tertinggal lebih dulu pada menit 23 di Stadion St Mary’s. Jan Bednarek mencetak gol setelah berhasil memaksimalkan tendangan sudut melalui sundulan dan gol tembakan bebas James Ward-Prowse.

Pada babak kedua Ole Gunnar Solskjaer memasukkan Cavani. Pemain berusia 33 tahun itu menggantikan Mason Greenwood yang berusia 19 tahun. Strategi itu terbukti berhasil.

Foto/Reuters

Pemain asal Uruguay itu langsung memberi dampak dengan melepaskan umpan silang kepada Bruno Fernandes yang berada di dalam kotak penalti. Pemain asal Portugal itu berhasil merobek gawang Southampton sehingga merubah skor menjadi 2-1 pada menit 60.

Man United kemudian membuat skor imbang pada menit 74. Kali ini, Bruno Fernandes membalas jasa dengan melepas umpan silang yang sukses ditanduk Edinson Cavani.

Man United kemudian berbalik unggul lewat sundulan Edinson Cavani. El Matador—jululukan Edinson Cavani—sukses menyambar umpan silang Marcus Rashford. Skor berakhir 3-2 untuk Man United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini