FIFA Umumkan Pembagian Pot Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 01:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 51 2317721 fifa-umumkan-pembagian-pot-undian-kualifikasi-piala-dunia-2022-zona-eropa-dUgOD9u7R0.jpg Pot Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

ZURICH – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) resmi mengumumkan pembagian pot undian untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Berdasarkan ranking FIFA pada November 2020, sebanyak 10 tim papan atas Eropa akan menempati pot pertama.

Sebanyak 55 negara Eropa akan ikut berpartisipasi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Ke-55 negara tersebut terbagi ke dalam enam pot, dengan pot pertama hingga lima diisi 10 tim, sedangkan pot keenam dihuni lima tim.

Timnas Belgia

Belgia yang saat ini menempati peringkat satu dunia FIFA sudah pasti akan menempati pot pertama. Selain itu, ada juara Piala Dunia 2018 yakni Prancis. Sementara delapan yang lain untuk pot pertama adalah Inggris, Portugal, Spanyol, Italia, Kroasia, Denmark, Jerman, dan Belanda.

Potensi adanya grup neraka pun terbilang kecil. Sebab negara-negara raksasa Eropa sudah menghuni posisi pot pertama. Namun begitu ada ancaman dari beberapa negara yang masuk ke dalam pot dua. Sebut saja seperti Polandia yang dihuni Robert Lewandowski.

Baca juga Brace Arturo Vidal Antarkan Cile Menang 2-0 atas Peru

Ada pun, Swedia jika nantinya skuad mereka kembali diperkuat Zlatan Ibrahimovic yang kabarnya ingin tampil dengan tim nasionalnya. Jika benar, tentu Swedia bisa menjadi ancaman untuk tim-tim yang menempati pot satu.

Undian sendiri akan berlangsung di Zurich, Swiss pada 7 Desember 2020 pukul 18.00 waktu setempat. Nantinya tim yang sudah menempat enam pot akan disebar ke dalam 10 grup. Lima grup terdiri dari lima tim (Grup A-E), dan lima grup lainnya akan berisi enam tim (Grup F-J).

Khusus empat finalis UEFA Nations League 2020-2021 sudah dipastikan akan tergabung dalam grup yang berisi lima tim. Itu berarti, Belgia, Prancis, Italia, dan Spanyol akan diundi untuk masuk ke dalam Grup A-E.

Prancis

Berikut pembagian pot undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Pot 1: Belgia, Prancis, Inggris, Portugal, Spanyol, Italia, Kroasia, Denmark, Jerman, Belanda

Pot 2: Swiss, Wales, Polandia, Swedia, Austria, Ukraina, Serbia, Turki, Slovakia, Rumania

Pot 3: Rusia, Hongaria, Irlandia, Republik Ceko, Norwegia, Irlandia Utara, Islandia, Skotlandia, Yunani, Finlandia

Pot 4: Bosnia & Herzegovina, Slovenia, Montenegro, Makedonia Utara, Albania, Bulgaria, Israel, Belarusia, Georgia, Luksemburg

Pot 5: Armenia, Siprus, Kepulauan Faroe, Azerbaijan, Estonia, Kosovo, Kazakhstan, Lithuania, Latvia, Andorra

Pot 6: Malta, Moldova, Liechtenstein, Gibraltar, San Marino

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini