Jurgen Klopp Diminta Berhenti Mengeluh

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 03:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 45 2317729 jurgen-klopp-diminta-berhenti-mengeluh-DYjCPoMHv5.jpg Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (Foto: Media Liverpool)

LIVERPOOL – Liverpool baru saja dikalahkan Atalanta dengan skor 0-2 di ajang Liga Champions 2020-2021. Menanggapi hasil tersebut, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp pun mengeluhkan soal padatnya jadwal pertandingan sehingga membuat para pemainnya banyak yang mengalami cedera.

Padatanya jadwal kompetisi tentunya membuat para pemain harus tampil lebih sering. Pada akhirnya, kondisi tersebut membuat para pemain kelelahan dan rentan mengalami cedera.

Liverpool sendiri sudah banyak kehilangan pemain akibat cedera. Bahkan, pemain-pemain kunci seperti Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Thiago Alcantara, hingga Jordan Henderson harus masuk ke dalam ruang perawatan.

Baca juga: Laga Liverpool Boleh Dihadiri Penonton, Man United Gigit Jari

Virgil van Dijk

Meski begitu, mantan penggawa The Reds, Danny Murphy, justru meminta Klopp untuk berhenti mengeluh. Karena menurutnya, mengeluh tidak akan menyelesaikan permasalahan. Sebab, kalender kompetisi tidak bakal berubah.

Ia meminta Klopp untuk bisa memaklumi padatnya jadwal kompetisi yang ada sekarang. Sebab, kalender sepakbola sempat dikacaukan dengan adanya pandemi Corona (Covid-19).Sebagaimana diketahui, kompetisi musim lalu berakhir lebih lama, sehingga pemain tak memiliki waktu beristirahat yang cukup.

Sementara itu, kompetisi musim ini tak boleh terlambat digelar karena harus selesai tepat waktu. Pasalnya pada Juni 2021 akan diselenggarakan Piala Eropa yang sempat tertunda. Maka dari itu, sikap Klopp yang terlalu banyak mengeluh dinilai Murphy bukan sesuatu yang etis.

“Saya sangat jarang mendengar pemain mengeluh tentang itu (padatnya jadwal). Itu adalah para pelatih. Tentu saja Anda akan merasa frustrasi ketika ada beberapa yang cedera, terutama cedera otot, tapi itu bagian tak terpisahkan dan sudah bertahun-tahun,” terang Murphy, dinukil dari Goal, Sabtu (28/11/2020).

“Argumen yang sedang berlangsung tentang terlalu banyak pertandingan. Lihat, kami berada dalam waktu yang aneh, musim berakhir terlambat, yang baru dimulai lebih awal, kami akan memiliki Piala Eropa. Pertandingan harus dimainkan, sesederhana itu, seperti itu,” lanjutnya.

Sebagai solusi, Murphy pun menyarankan Klopp untuk melepas Piala FA dan Piala Liga Inggris, sehingga The Reds bisa fokus ke ajang Liga Inggris dan Liga Champions. Menurutnya, itu adalah cara agar para pemain tidak mengalami kelelahan karena jadwal padat.

Liverpool

"Dia (Klopp) mungkin, seperti yang telah dia lakukan sebelumnya, hanya harus mengorbankan kompetisi yang lebih rendah dan tetap fokus pada Liga Inggris dan Liga Champions, dan tidak mengkhawatirkan yang lain," ujar Murphy.

“Maksud saya, waktu akan memberi tahu. Lagi pula, Jordan (Henderson) sudah kembali berlatih, Thiago sudah kembali dan mungkin bermain dan Trent tidak terlalu jauh tertinggal kondisinya. Jadi mereka akan mendapatkan pemain kembali,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini