Laga Liverpool Boleh Dihadiri Penonton, Man United Gigit Jari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 45 2317461 laga-liverpool-boleh-dihadiri-penonton-man-united-gigit-jari-g1i65Qn8r6.JPG Markas Manchester United, Stadion Old Trafford (Foto: Reuters/Lee Smith)

LONDON – Sebuah kabar gembira hadir bagi pendukung Arsenal dan Liverpool. Menurut aturan baru dari Pemerintah Inggris, tribun stadion kedua klub itu bisa kembali dihadiri penonton. Namun, perlakuan berbeda dirasakan oleh klub raksasa lainnya, Manchester United.

Pembaruan data infeksi kasus harian Covid-19 di Inggris dari pemerintah menjadi penyebabnya. Sejumlah kota masuk dalam kategori tier 2 alias zona oranye. Dilansir dari Goal, Jumat (27/11/2020), kota-kota itu termasuk London dan Liverpool.

Dengan kategori tersebut, laga-laga sepakbola di kota-kota itu bisa dihadiri penonton dalam jumlah terbatas. Keputusan itu tentu melegakan bagi Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea, Liverpool, dan Everton. Stadion yang tertutup selama sembilan bulan, bisa kembali dibuka untuk penonton.

Baca juga: Jose Mourinho Desak Vinicius Lebih Konsisten

Wilayah di mana Stadion Anfield berlokasi, masuk tier 2 (Foto: Twitter/@LFC)

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, pada Senin 23 November 2020, mengumumkan jumlah maksimal penonton yang boleh hadir di tribun, yakni 4.000 orang. Ribuan orang itu boleh hadir dengan syarat stadion ada dalam wilayah yang masuk kategori tier 1.

Bagi stadion-stadion yang berada di wilayah tier 2, hanya diperbolehkan maksimal 2.000 penonton atau 50% dari kapasitas, tergantung dari mana yang lebih rendah. Kebijakan itu mulai berlaku pada 2 Desember 2020, ketika lockdown nasional dicabut.

Nasib nahas dialami klub-klub yang berada di Manchester dan wilayah utara. Mereka masuk dalam kategori tier 3 Covid-19 sehingga masih belum diizinkan dihadiri penonton. Manchester United dan Manchester City terpaksa gigit jari karena Old Trafford dan Etihad masih tertutup.

“Manchester United memahami keputusan pemerintah untuk memasukan Trafford (wilayah lokasi stadion) di tier 3. Itu berarti pertandingan di Stadion Old Trafford masih harus dilangsungkan tanpa penonton sampai pemberitahuan berikutnya,” bunyi pernyataan Man United, dikutip dari situs resmi.

Stadion Old Trafford masih tertutup untuk penonton

Kendati sudah diperbolehkan dihadiri penonton, kepastian laga menjadi pertanyaan sendiri. Sebab, 2 Desember 2020 jatuh pada tengah pekan. Itu berarti hanya Arsenal saja yang bisa langsung membuka Stadion Emirates untuk pendukung karena akan menghadapi Rapid Vienna pada lanjutan Liga Eropa 2020-2021, Jumat 4 Desember dini hari WIB.

Sementara itu, Liverpool menyambut baik keputusan dari pemerintah. Pihak klub segera menjalin kerjasama dengan pihak terkait demi memastikan keamanan dari para penonton dan juga pesepakbola di tengah pandemi Covid-19.

“Liverpool menyambut baik pengumuman pemerintah. Kami sudah begitu merindukan penonton di Anfield. Kami sudah tidak sabar untuk menyambut mereka kembali ketika memang sudah aman. Klub akan terus bekerja sama dengan Dewan Kota Liverpool, Kepolisian, dan kelompok suporter, untuk menyusun protokol kesehatan yang aman dan efektif,” bunyi pernyataan Liverpool.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini