5 Momen Ikonik Diego Maradona Sepanjang Karier Sepakbolanya

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316586 5-momen-ikonik-diego-maradona-sepanjang-karier-sepakbolanya-eotWVwe4nE.jpg Diego Maradona. (Foto: Twitter/@sscnapoli)

MENINGGALNYA Diego Maradona telah memberi duka mendalam bagi dunia sepakbola. Sebab, sosoknya sudah begitu melegenda di dunia sepakbola berkat karier cemerlang yang diukir selama hidupnya.

Tentunya, ada banyak momen menarik yang terjadi selama Maradona menjalani karier di dunia sepakbolanya. Tetapi, beberapa di antaranya menyisakan momen yang ikonik hingga terus dikenang. Sebagaimana dikutip dari Caught Inside, Kamis (26/11/2020), berikut lima momen ikonik Diego Maradona sepanjang karier sepakbolanya.

5. Serang Wartawan

Karier gemilang yang terus diukir Maradona telah membuat Namanya kian tersohor. Tak ayal, sosoknya pun menjadi buruan para reporter yang ingin mengulik kehidupannya lebih dalam.

Diego Maradona

Dalam sebuah momen, para reporter bahkan rela berkemah di luar rumah Maradona demi mendapat berita soal sang legenda. Hal itu tepatnya terjadi dalam persiapan Piala Dunia 1994. Berita

Melihat kondisi ini, Maradona yang merasa privasinya diusik pun tak tinggal diam. Secara mengejutkan, dia keluar dari rumahnya dengan senapan angin dan menembaki wartawan. Beberapa wartawan dikabarkan mengalami cedera ringan akibat hal itu.

4. Berseluncur di Lapangan Usai Kemenangan Argentina atas Peru

Momen ikonik lain dari Maradona terlihat di kualifikasi Piala Dunia 2010. Kala itu, Maradona diketahui mengemban jabatan sebagai pelatih dari Timnas Argentina. Laga-laga yang sulit pun harus dihadapi Argentina untuk hanya merebut tiket ke ajang Piala Dunia 2010.

Diego Maradona

Salah satunya terlihat di laga kontra Peru. Kala itu, hujan deras mengguyur jalannya pertandingan hingga membuat lapangan menjadi basah. Argentina pun tampak kesulitan untuk bisa memetik kemenangan di laga krusial itu. Hingga menit ke-89, kedudukan masih imbang 1-1.

Tetapi siapa sangka, pada babak tambahan waktu, Argentina lewat aksi Martin Palermo berhasil merebut kemenangan. Laga rampung dengan skor 2-1. Maradona yang senang bukan kepalang pun langsung meluapkan kegembiraannya di atas lapangan.

Maradona tiba-tiba berseluncur di lapangan yang basah menggunakan badannya. Momen ini takkn pernah dilupakan oleh para pencinta sepakbola.

3. Selebrasi yang Tak Disangka

Momen ikonik selanjutnya terlihat dalam selebrasi gol Maradona pada Piala Dunia 1994. Kala itu, Maradona mampu tampil apik dan menggetarkan gawang Yunani.

Diego Maradona

Usai mencetak gol, Maradona berlari ke pinggir lapangan dan melakukan selebrasi. Mata Maradona dalam selebrasi itu pun menjadi sorotan karena dianggap berbeda dari biasanya.

Tak lama kemudian, sebuah berita mencengangkan pun muncul yang menyatakan si Tangan Tuhan terjerat dalam obat-obatan terlarang. Akibatnya, ia pun didepak dari Piala Dunia 1994.

2. Gol Terbaik

Selama kariernya, ada banyak gol yang bisa dicetak Maradona hingga sukses membawa tim-tim yang dibelanya meraih beragam gelar juara bergengsi. Dari sederet gol yang pernah dicetak, tentu saja ada yang terbaik.

Diego Maradona

Gol terbaik itu terlihat kala mentas di Piala Dunia 1986. Menghadapi Inggris, Maradona berhasil menyumbangkan gol untuk Argentina. Gol itu dicetaknya dengan aksi apik. Maradona yang membawa bola mampu menggiringnya hingga melewati pemain bertahan Inggris, Peter Shilton, dan menendang keras hingga membobol gawang lawan.

Ini dianggap sebagai salah satu gol terbaik sepanjang masa dan jelas salah satu yang paling ikonik. Argentina kemudian memenangkan pertandingan tersebut.

1. Tangan Tuhan

Momen paling ikonik dalam karier sepakbola Maradona tentu saja kala dirinya mencetak gol sensasional dengan tangannya. Hal itu dilakukan Maradona di Piala Dunia 1986. Itu adalah salah satu momen paling tidak sportif, kontroversial, tetapi sangat brilian dalam sejarah Piala Dunia.

Saat itu, Argentina diketahui bertemu dengan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986 yang berlangsung di Meksiko. Maradona pun berhasil menjebol gawang Inggris pada menit ke-51. Bola dirasangkan Maradona ke gawang Peter Shilton lewat tangannya.

Diego Maradona

Hal ini terlihat jelas oleh mata seluruh pemain Inggris dalam laga tersebut. Tetapi, Maradona yang tak acuh langsung bersorak dan berlari ke pinggir lapangan untuk merayakan gol itu.

Para pemain Inggris sendiri langsung memprotes keras gol tersebut. Tetapi, namun wasit Ali Bin Naser dari Tunisia tetap mengesahkan gol Maradona. Dari situ, Maradona dijuluk si Tangan Tuhan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini