Ketika Diego Maradona Gagal Keluarkan Potensi Terbaik Lionel Messi

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316546 ketika-diego-maradona-gagal-keluarkan-potensi-terbaik-lionel-messi-oLZht0a1c6.jpg Maradona saat memberi saran kepada Messi. (Foto: REUTERS)

BUENOS AIRES Diego Maradona hampir dua tahun (2008-2010) menjadi pelatih Tim Nasional (Timnas) Argentina. Bisa dibilang, pria yang mengembuskan napas terakhirnya semalam itu mendapatkan durian runtuh.

Sebab, Maradona menangani Argentina ketika La Albiceleste –julukan Argentina– memiliki banyak pemain bintang di setiap posisi. Di posisi penjaga gawang ada Sergio Romero yang membawa AZ Alkmaar juara Liga Belanda.

Kemudian, di posisi belakang ada sejumlah pemain jempolan seperti Gabriel Heinze hingga Walter Samuel. Di lini tengah, Maradona memiliki pemain veteran seperti Juan Sebastian Veron, plus pesepakbola muda layaknya Angel Di Maria dan Javier Pastore.

Untuk lini depan, Maradona kebanjiran pilihan. Sebab, di sana terdapat Diego Milito, Sergio Aguero, Martin Palermo, Carlos Tevez, Gonzalo Higuain hingga Lionel Messi. Tentu, nama yang disebut terakhir paling menjadi perhatian.

Lionel Messi

Sebab, sejak awal La Pulga –julukan Lionel Messi– disebut-sebut sebagai The New Maradona. Namun, Lionel Messi selalu menolak penyematan tersebut dan ingin menjadi dirinya sendiri.

BACA JUGA: Kombinasi Diego Maradona-Lionel Messi di Piala Dunia 2010 Berujung Petaka

Lantas, bagaimana kiprah Lionel Messi selama ditangani Maradona? Maradona 21 kali memimpin skuad Argentina, dari jumlah tersebut Lionel Messi turun di 16 laga di antaranya.

Sanggupkah Maradona mengeluarkan kemampuan terbaik Lionel Messi? Jawabannya tidak. Tolok ukur gampangnya adalah jumlah gol Lionel Messi selama ditangani Maradona.

Diego Maradona

Dari 16 pertandingan itu, Lionel Messi hanya mencetak tiga gol! Ironisnya, hanya satu gol yang dicetak Lionel Messi di kompetisi resmi, tepatnya di Kualfikasi Piala Dunia 2010 zona Amerika Selatan.

Ketika turun membela Argentina di Piala Dunia 2010, Lionel Messi gagal mencetak gol, meski mentas di lima pertandingan. Padahal di musim 2009-2010, Lionel Messi menggila di level klub.

Di bawah arahan Josep Guardiola, Lionel Messi mencetak 47 gol dari 53 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. Karena gagal mengeluarkan kemampuan terbaik Lionel Messi itulah, karier Maradona sebagai pelatih Argentina tak panjang. Ia dipecat dua hari setelah Argentina kalah 0-4 dari Jerman di perempatfinal Piala Dunia 2010.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini