Presiden yang Datangkan Diego Maradona ke Napoli Hanya Bisa Menangis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316373 presiden-yang-datangkan-diego-maradona-ke-napoli-hanya-bisa-menangis-TAJsfDRS5F.jpg Diego Maradona memperkuat Napoli pada 1984-1994 (Foto: Napoli)

NAPLES – Kedatangan Diego Armando Maradona pada 5 Juli 1984 disambut oleh 75.000 pendukung Napoli di Stadion San Paolo. Kini, kepergiannya disambut tangisan oleh segenap warga Kota Naples. Presiden Napoli periode 1983-1993, Corrado Ferlaino, hanya bisa menangisi kepergian El Pibe de Oro.

Dunia terkejut ketika Diego Armando Maradona memilih hengkang dari Barcelona ke Napoli pada musim panas 1984. Betapa tidak, kala itu Napoli bukanlah kesebelasan papan atas di Italia. Kedatangannya disambut bukan hanya sebagai pahlawan, tetapi juga juru selamat.

Kebetulan pula, bersama Napoli, karier Diego Maradona mencapai puncaknya. Ia mampu memutus dominasi klub-klub wilayah utara Italia dengan mengantar I Partenopei kepada dua scudetto (1986-1987 dan 1989-1990) serta satu Piala Liga Eropa (dahulu bernama Piala UEFA) 1988-1989.

Baca juga: Diego Maradona Meninggal, FIFA Didesak Pensiunkan Nomor 10

Diego Maradona dicintai Napoli

Kedatangan Diego Armando Maradona di Napoli tidak terlepas dari peran Presiden Corrado Ferlaino. Tidak heran, pria berkebangsaan Italia itu sangat terpukul mendengar kabar sang legenda berpulang pada Kamis (26/11/2020) tengah malam WIB.

Infografis Diego Maradona

“Maradona sungguh berarti buat Napoli dan Kota Naples. Sebagai seorang Neapolitan (sebutan untuk warga Naples), saya hanya bisa menangis sekarang,” papar Corrado Ferlaino, dikutip dari Football Italia, Kamis (26/11/2020).

“Maradona memberikan banyak hal untuk Napoli dan juga saya. Dia beberapa kali merasa tidak baik, tetapi selalu mampu mengatasi krisis. Untuk kali ini, tidak begitu. Sekarang, kita hanya bisa menangis,” imbuh pria berusia 89 tahun itu.

Neapolitan begitu mencintai Diego Maradona. Kepergian lelaki yang dijadikan warga kehormatan itu akan dikenang dengan cara yang luar biasa. Napoli dan Kota Naples akan mengubah nama stadion kebanggaan mereka menjadi Diego Maradona.

“Saya ingin menampilkan wajah Diego Maradona di stadion selama pertandingan esok hari. Sudah menjadi ide tersendiri untuk menamakan stadion itu San Paolo-Maradona, sesuatu yang bisa kita pikirkan sekarang,” papar Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis.

Diego Maradona jadi tamu kehormatan Napoli (Foto: Napoli)

Inisiatif tersebut mendapatkan sambutan baik dari Wali Kota Naples, Luigi De Magistiris. Untuk mengenang jasa warga kehormatan Naples itu, nama baru stadion nantinya tidak akan ada embel-embel, San Paolo, melainkan murni Diego Maradona.

“Kami akan mengubah nama Stadion San Paolo menjadi Diego Armando Maradona. Dia membuat warga kami berani bermimpi. Dia memulihkan Kota Napoli dengan kegeniusannya. Pada 2017, Diego menjadi warga kehormatan di kota kami. Neapolitan dan Argentina, Anda sudah memberikan kami kebahagaiaan. Naples mencintai Anda,” cuit Luigi De Magistiris lewat akun Twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini