Pemain Muslim Norwegia Ini Jadi Sorotan saat Selamatkan Negaranya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 51 2316226 pemain-muslim-norwegia-ini-jadi-sorotan-saat-selamatkan-negaranya-ABw5yByYeR.JPG Ghayas Zahid (Kanan) saat membela Timnas Norwegia (Foto: Reuters)

OSLO – Gelandang Timnas Norwegia, Ghayas Zahid, menjadi sorotan saat membela negaranya tersebut di pertandingan UEFA Nations League 2020-2021 yang dilaksanakan pekan lalu. Pasalnya, Zahid yang merupakan pemain Muslim keturunan Pakistan, berhasil mencetak gol di pertandingan melawan Austria.

Sebagai seorang pesepakbola, Zahid sebenarnya tidak terlalu mencolok. Ia bahkan tidak terpilih ke dalam skuad Timnas Norwegia. Akan tetapi, karena kasus Virus Corona (Covid-19), maka Zahid pun secara mendadak dipanggil untuk membela negaranya.

Pada awalnya, Pelatih Timnas Norwegia, Lars Lagerback, sudah memilih daftar pemain yang akan dipanggil untuk membela skuadnya. Termasuk di antaranya adalah pemain-pemain muda potensial seperti Erling Haaland, Odegaard, dan Jens Petter Hauge.

Baca juga: Sukses dengan Skuad Muda, Southgate Masih Punya PR untuk Timnas Inggris

Timnas Norwegia

Kendati demikian, terdapat pemain yang dinyatakan positif Covid-19 di dalam skuad awal yang dipanggil oleh Lagerback tersebut. Berdasarkan protocol UEFA, itu sebenarnya bukan masalah besar, karena para pemain lainnya masih tetap diizinkan bertanding selama hasil tes menunjukkan negatif.

Meski begitu, otoritas Norwegia bersikeras bahwa para pemain yang di dalam skuad wajib menjalani karantina selama 10 hari. Itulah mengapa agar pertandingan melawan Austria bisa tetap diselenggarakan, maka Lagerback harus memanggil nama-nama baru.

Ghayas Zahid adalah salah satu pemain yang dipanggil secara mendadak untuk membela Timnas Norwegia. Sebelum bertanding melawan Austria, skuad baru Timnas orwegia ini baru berlatih bersama selama satu hari.

Walau demikian, Norwegia mampu menampilkan performa yang cukup apik. Ghayas Zahid mencetak gol di menit ke-61 untuk membawa Norwegia unggul 1-0. Tak ayal, ia pun langsung mendapat sorotan, terlebih karena dirinya adalah keturunan Pakistan.

Sayangnya, gol tunggal Zahid tersebut gagal membawa Norwegia meraih poin penuh. Karena, sebelum pertandingan berakhir Austria mencetak gol dan membuat laga usai dengan skor imbang 1-1. Meski demikian, perjuangan Zahid dan kawan-kawan telah membuat banyak orang terkesan.

Timnas Norwegia

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut memiliki darah Pakistan dari ayahnya. Akan tetapi, ia lahir dan tumbuh di Oslo, Norwegia. Ketika muda, Zahid pernah dipanggil untuk membela Timnas Norwegia U-19 dan U-21.

Zahid merupakan pemain jebolan klub local Norwegia, Valerenga. Saat ini, Zahid yang berusia 26 tahun bermain untuk klub asal Siprus, APOEL Nicosia. Sebelumnya, pada musim 2019-2020 ia dipinjamkan ke klub Yunani, Panathinaikos. Zahid kerap melakukan sujud syukur setelah mencetak gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini