5 Trio Lini Depan Paling Ganas di Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 45 2316187 5-trio-lini-depan-paling-ganas-di-sepanjang-sejarah-liga-inggris-vmS98vg8kx.JPG Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino (Foto: Reuters)

KLUB-klub besar Liga Inggris telah banyak melakukan investasi untuk meningkatkan kualitas tim mereka. Sebagai hasilnya, sejumlah pemain bintang pun bermain bersama dan membentuk kinerja yang luar biasa.

Salah satu lini yang kerap menjadi perhatian adalah penyerangan. Pasalnya, kombinasi dari pemain-pemain hebat tersebut kerap menjadi mesin gol yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah lima trio lini depan paling ganas yang pernah ada di dalam sejarah Liga Inggris:

5. Didier Drogba, Florent Malouda, Frank Lampard (Chelsea)

Chelsea

Chelsea menjelma menjadi tim yang diperhitungkan sejak Roman Abramovich mengambil alih klub pada 2003. Sokongan dana berlimpah dari Abramovich pasalnya membuat Chelsea mampu memboyong pemain-pemain berkualitas.

Pada satu ketika, Chelsea pernah memiliki trio Didier Drogba, Florent Malouda, dan Frank Lampard. Kombinasi ini membuat Chelsea pernah mencetak sebanyak 103 gol dalam satu musim. Ketajaman Drogba di depan gawang, kerja keras Malouda, serta visi bagus yang dimiliki Lampard membuat lini serang The Blues sangat mematikan.

4. Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Robert Pires (Arsenal)

Arsenal

Gelaran Liga Inggris 2003-2004 benar-benar menunjukkan betapa luar biasanya Arsenal pada saat itu. Dalam satu musim kompetisi, The Gunners tampil tak terkalahkan hingga akhirnya menggondol trofi juara. Capaian tersebut bahkan tak ada yang bisa menyainginya sampai saat ini.

Tak berhenti sampai di situ, Arsenal bisa menjadi tim yang fantastis kala itu juga karena memiliki lini serang yang luar biasa. Perpaduan Thierry Henry, Dennis Bergkamp, dan Robert Pires benar-benar membuat Meriam London tampil meledak-ledak. Henry sendiri mencetak 30 gol di musim tersebut serta menyumbang sembilan assist.

3. Raheem Sterling, Leroy Sane, Sergio Aguero (Man City)

Man City

Kehadiran Josep Guardiola benar-benar membuat Manchester City berada di level yang berbeda. Guardiola pasalnya mampu memberdayakan potensi para pemain Man City dengan maksimal. Ia tak hanya mengandalkan umpan-umpan pendek sebagai senjata, namun juga kecepatan Leroy Sane dan Raheem Sterling sebagai winger mampu ia racik menjadi ancaman besar.

Ditambah dengan keganasan Sergio Aguero di muka gawang, jadilah lini serang Man City sebagai salah satu yang paling disegani di Eropa. Gelar juara Liga Inggris pun berhasil dimenangkan Man City secara beruntun dengan mengandalkan kombinasi ini di lini serang.

2. Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah (Liverpool)

Liverpool

Keperkasaan yang dimiliki Man City tersebut kemudian dapat disaingi oleh Liverpool besutan Jurgen Klopp. Sama halnya dengan The Citizens, Liverpool pun bermain dengan mengandalkan winger mereka, yakni Mohamed Salah dan Sadio Mane sebagai penggagas utama serangan.

Hanya saja, peran yang dimiliki Roberto Firmino sebagai ujung tombak berbeda dengan Aguero. Jika Aguero berperan sebagai finisher, maka Firmino justru menjadi perekat lini serang The Reds. Hasilnya, bisa dibilang sukses besar. Meski Firmino tak terlalu sering mencetak gol, namun Mane dan Salah benar-benar menjadi mesin penghancur yang luar biasa. Salah bahkan menjadi top skor Liga Inggris selama dua musim beruntun.

1. Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, Wayne Rooney (Man United)

Man United

Saat ini Man United tengah menjadi sorotan. Sebab, mereka kerap kesulitan mencetak gol jika tidak mendapat hadiah penalti dari wasit. Padahal, Setan Merah pernah memiliki lini serang terbaik di Eropa kala Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, dan Wayne Rooney bekerja bersama.

Pada gelaran Liga Inggris 2007-2008, kombinasi ketiganya berhasil melesakkan 79 gol. Tak salah jika di musim tersebut Setan Merah berhasil meraih tahta juara. Bahkan, Man United juga meraih kejayaan di Eropa dengan menjuarai Liga Champions.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini