Varchester United, Julukan Baru Setan Merah yang Kembali Dapat Bantuan VAR

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 45 2313993 varchester-united-julukan-baru-setan-merah-yang-kembali-dapat-bantuan-var-a2BYE7h8uS.JPG Momen David Coote (wasit) melihat VAR di laga Man United vs WBA. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Laga Manchester United vs West Bromwich Albion (WBA) memang telah berakhir pada Minggu (22/11/2020) dini hari WIB tadi. Namun, pembicaraan mengenai pertandingan yang dimenangkan oleh Man United dengan skor 1-0 itu tetap saja seru untuk kembali dibicarakan.

Terlebih ada banyak kontroversi yang terjadi di sepanjang pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford. Tercatat setidaknya ada satu momen yang sampai saat ini masih jadi yang paling hangat dibicarakan oleh para penikmat sepakbola di media sosial.

Momen itu terjadi ketika WBA tak diberikan penalti oleh wasit meski salah satu pemain mereka, Conor Gallagher, dijatuhi oleh Bruno Fernandes di kotak penalti Man United. Kejadian itu terjadi ketika laga memasuki menit ke-47.

Baca Juga: Solskjaer: Lupakan Bermain Bagus, Man United Harus Pentingkan Poin

Momen wasit melihat VAR di laga Man United vs WBA

Pada saat itu sebenarnya wasit sudah menunjuk titik putih, tapi entah mengapa sang pengadil lapangan, David Coote, memilih untuk melihat Video Assistant Referee (VAR) dan membatalkan keputusannya yang sudah memberikan penalti kepada WBA.

Gara-gara seolah-olah mendapatkan bantuan dari VAR, Man United pun langsung diserang di media sosial. Menariknya, rata-rata para netizen mengejek si Setan Merah dengan sebutan Varchester United, yang merupakan gabungan dari VAR dan Manchester United.

Tampaknya banyak penikmat sepakbola yang sedikit terganggu dengan bantuan VAR yang diterima oleh Man United. Apalagi kejadian seperti bukanlah yang pertama kali terjadi di laga Man United.

Padahal jika saja WBA mendapatkan penalti di menit 47 dan berhasil mencetak gol, maka ada kemungkinan jalannya pertandingan akan berbeda dan mungkin saja Man United justru kesulitan untuk menang.

Menurut pendapat mantan wasit, Peter Walton, VAR di laga Man United vs WBA juga sudah keterlaluan. Sebab seharusnya VAR tidak mengubah keputusan yang sudah benar-benar diambil oleh wasit.

Menurut Walton, tugas VAR adalah membantu dan meyakinkan keputusan wasit. Bukan justru membuat pilihan wasit berubah ketika sang pengadil lapangan itu sudah menentukan keputusannya.

“Menurut saya, VAR seharusnya tidak terlibat (dalam keputusan wasit). Dengan meminta wasit untuk ke pinggir lapangan untuk melihat monitor (VAR), mereka berarti memperlihatkan bahwa sang wasit telah melakukan kesalahan dalam keputusannya,” kata Walton, dikutip dari Daily Mail, Minggu (22/11/2020).

Fernandes sendiri sudah memberikan konfirmasi bahwa ia memang menyentuh kaki Gallagher. Namun, sebelum sentuhan itu terjadi, pemain asal Portugal itu mengaku mengenai bola terlebih dahulu. Jadi, ia merasa itu bukanlah pelanggaran.

Semua pihak tentu merasa dirinya adalah yang paling benar. Entah siapa yang benar, tapi yang pasti Varchester United kini menjadi kata yang cukup sering ditulis di media sosial, khususnya di twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini