Pernah Tak Sadarkan Diri, Vennard Hutabarat Sarankan Ricky Yacobi Pasang Ring

Hambali, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 49 2313621 -YqxgTH8PxI.jpg Vennard Hutabarat, salah satu saksi kepergian Ricky Yacobi. (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG - Mantan pemain Persija Jakarta, Vennard Hutabarat, tampak merasakan duka mendalam atas kepergian pesepakbola legenda Indonesia, Ricky Yacobi (57). Pria yang disapa Bung Veve itu mengulas cerita, di mana dia sempat meminta almarhum memasang ring pada jantungnya.

Menurut Veve, Ricky pernah mengalami kondisi tak sadarkan diri dengan gejala yang tak diketahui sebelumnya. Kejadian itu berlangsung pada tahun lalu, yakni saat sedang mengendarai mobil dan ketika almarhum berada di kantornya.

Ricky Yacobi

"Saya kan sama beliau pernah bekerja satu kantor. Nah, waktu itu tahun lalu saya kurang ingat bulannya, pernah kejadian 2 kali. Jadi beliau anfal lagi naik mobil terus mobilnya sempat nabrak kendaraan lain, terus enggak lama yang kedua waktu di kantor. Tapi waktu itu abis diperiksa segala macam, ya sehat aja. Kalau saya sebagai orang awam melihatnya itu sudah serangan sebenarnya," ungkapnya kepada Okezone di rumah duka, Sabtu (21/11/2020).

Sebagai panutannya dalam persepakbolaan tanah air, Veve lantas mengusulkan agar Ricky Yacobi mengecek kondisi jantungnya dan berjaga-jaga dengan memasang ring. Namun, ketika itu, Ricky Yacobi memastikan kondisinya sehat dan tak memiliki gangguan pada jantungnya.

"Saya sempat mengusulkan, abang pasang ring untuk antisipasi aja. Karena beliau kan rutin juga olahraga main bola. Tapi, beliau bilang ke saya, kondisi abang baik-baik saja enggak ada masalah," imbuhnya.

BACA JUGA: Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Begini Kesaksian Vennard Hutabarat

Saat kejadian di lapangan pagi tadi, Veve mengaku dia orang yang pertama kali memeluk almarhum sesaat sebelum anfal. Ketika itu, almarhum baru saja mencetak gol dan merayakan dengan selebrasi.

"Pertama kita passing-passing bola dulu, sampai kita main. Setelah main 15 menit, bang Ricky bikin gol. Terus pelukan dengan saya, kemudian tos sama temen-temennya. Enggak lama setelah itu, dia duduk. Dia duduk kayak mau sujud tersungkur. Pas saya lihat, udah beda mukanya, mulutnya sudah bergetar-getar," ucapnya.

Ricky Yacobi

Ricky Yacobi tercatat membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Asian Games 1986 dan meraih medali emas SEA Games 1987.

Selain bersinar bersama Timnas Indonesia, Ricky Yacobi juga mentereng di level klub. Selain membawa PSMS Medan juara Perserikatan 1983 dan 1985, Ricky Yacobi juga pernah mengantarkan Arseto Solo juara Galatama 1987.

Mentereng bersama klub dan tim nasional, membuat Ricky Yacobi diboyong klub asal Jepang, Matsushita, pada 1988. Matshushita bisa dibilang salah satu klub teras Jepang.

Sebab, Matsushita saat ini sudah berganti nama menjadi Gamba Osaka pada 1991. Gamba Osaka tercatat dua kali menjadi kampiun Liga Jepang pada 2005 dan 2014. Bahkan pada 2008, mereka keluar sebagai kampiun Liga Champions Asia!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini