Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Begini Kesaksian Vennard Hutabarat

Hambali, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 49 2313615 ricky-yacobi-meninggal-dunia-begini-kesaksian-vennard-hutabarat-2gfMycIM7m.jpg Vennard Hutabarat, salah satu saksi kepergian Ricky Yacobi. (Foto: Hambali/Okezone)

JAKARTA – Mantan pemain Persija Jakarta, Vennard Hutabarat, menjadi salah satu pemain yang main bola bareng Ricky Yacobi di lapangan A Senayan, Jakarta Pusat. Vennard Hubarat pun menjadi saksi mata Ricky Yacobi meninggal dunia saat turun di ajang trofeo Medan Selection. Ricky Yacobi mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (21/11/2020).

Awalnya, semuanya berjalan baik-baik saja. Ricky Yacobi yang beroperasi sebagai penyerang seperti biasanya, mencetak gol di laga tersebut.

Ricky Yacobi

Namun, setelah mencetak gol, pria 57 tahun itu langsung sujud tersungkur. Awalnya, rekan-rekannya menilai Ricky Yacobi melakukan selebrasi gol. Namun, setelah Vennard Hutabarat melihat wajahnya, muka Ricky Yacobi sudah berbeda.

“Pertama kita passing-passing bola dulu, sampai kita main. Setelah main 15 menit, bang Ricky bikin gol. Terus pelukan dengan saya, kemudian tos sama temen-temennya. Enggak lama setelah itu, dia duduk. Dia duduk kayak mau sujud tersungkur. Pas saya lihat, udah beda mukanya, mulutnya sudah bergetar-getar,” kata Vennard Hutabarat kepada Okezone yang hadir di rumah duka Ricky Yacobi, Sabtu (21/11/2020).

“Setelah itu saya panggil anak-anak. Setelah itu saya keluar lapangan karena enggak tega lihatnya, karena saya pernah mengalami kondisi seperti itu,” lanjut pria yang juga sempat menjadi kapten Timnas Futsal Indonesia tersebut.

“Di lapangan tadi sebenarnya juga ada dokter dan ada oksigen, meski tidak maksimal. Sempat ada nafasnya. Setelah satu dua kali setelahnya, napasnya sudah beda makanya kita bawa ke rumah sakit,” kata Vennard menambahkan.

BACA JUGA: Fakta-Fakta Gemilang Legenda Timnas Indonesia Ricky Yacobi

Setelah itu, Ricky Yacobi dibawa ke rumah sakit Mintoharjo. Sayangnya, nyawa pria asal Medan, Sumatera Utara, itu tidak tertolong.

Ricky Yacobi tercatat membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Asian Games 1986 dan meraih medali emas SEA Games 1987.

Ricky Yacobi

Selain bersinar bersama Timnas Indonesia, Ricky Yacobi juga mentereng di level klub. Selain membawa PSMS Medan juara Perserikatan 1983 dan 1985, Ricky Yacobi juga pernah mengantarkan Arseto Solo juara Galatama 1987.

Mentereng bersama klub dan tim nasional, membuat Ricky Yacobi diboyong klub asal Jepang, Matsushita, pada 1988. Matshushita bisa dibilang salah satu klub teras Jepang.

Sebab, Matsushita saat ini sudah berganti nama menjadi Gamba Osaka pada 1991. Gamba Osaka tercatat dua kali menjadi kampiun Liga Jepang pada 2005 dan 2014. Bahkan pada 2008, mereka keluar sebagai kampiun Liga Champions Asia!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini